Press "Enter" to skip to content

Tarif Gaji di Jerman Tahun 2018 Naik!

  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share
Sumber: https://www.igmetall.de/
Tarif Gaji (Era-Entgelt) 2017

Tarif Gaji di Jerman Tahun 2018 Naik!

Setelah melalui perundingan yang alot antara IG Metall Küste dan pihak pemberi kerja pada tanggal 15 Februari 2019 di Bremen, kedua pihak bersepakat untuk menaikkan tarif gaji para pekerja yang tercakup dalam wilayah IG Metall Küste (Hamburg, Schleswig-Holstein, Mecklenburg-Vorpommern)|

Kenaikan gaji didasarkan pada tingkat Inflasi tahun 2017, pertumbuhan positif industri permesinan dan elekronik yang diiringi dengan beban kerja yang meningkat untuk setiap individual.

Sistem penggajian pekerja di Jerman mengikuti tarif ERA-entgelt yang berbeda-beda untuk tiap negara bagian. Tahun 2017 misalnya, seorang lulusan master biasanya akan dikelompokkan pada golongan 7 atau 8, tergantung pendefinisian beban kerja di perusahaan tersebut. Semenjak sistem ERA di berlakukan untuk pertama kalinya tahun 2003 di negara bagian Baden-Württemberg, seorang lulusan doktor pun bisa memiliki gaji yang sama dengan seorang bachelor, jika beban pekerjaan mereka sama. Latar belakang pendidikan bukan lagi menjadi panduan utama untuk menentukan tarif dan golongan gaji pekerja.

Baca juga: Serikat Pekerja Industeri Besi dan Baja Jerman Tuntut Kenaikan Upah 6% Tahun 2019!

Setelah kesepakatan rentang waktu sistem tarif 2017 berakhir, IG Metall Küste dan pemberi kerja kembali bersepakat untuk menaikkan tarif gaji sebanyak 3% dimulai Feburari 2018. Kemudian mulai 1 Januari 2019 akan ada kembali kenaikan sebanyak 3% lagi. Pada bulan Januari 2018 akan ada pembayaran untuk setiap pekerja sebesar 120 Euro sebagai kompensasi  dari kekosongan keputusan yang harusnya dimulai semenjak Januari 2018.

Kesepakatan ini merupakan hasil dari perundingan dari tuntutan awal berupa kenaikan sejumlah 6 % dan berlaku hingga rentang 24 bulan atau hingga Desember 2019.

IG Metall Küste adalah sebuah serikat pekerja untuk daerah jerman bagian utara yang menaungi sekitar 140.000 buruh yang bekerja di industri-industri permesinan dan eletronik.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.