Press "Enter" to skip to content

Masjid Amir Hamzah yang dibongkar zaman Jokowi – Ahok, dibangun kembali.

  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares
Penampakan Masjid Amir Hamzah yang baru

Masjid Amir Hamzah adalah mesjid yang berdiri di kompleks Taman Ismail Marzuki. Mesjid ini dibongkar dan diruntuhkan berdasarkan kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang saat itu dipimpin oleh Joko Widodo dan  Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.

Mesjid bersejarah ini diresmikan pertama kali oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin pada 28 Januari 1977, bertepatan dengan Jumat 8 Safar 1397. Dalam 25 Tahun Pusat Kesenian Jakarta TIM yang diterbitkan pada 1994 dikatakan peresmian itu turut dihadiri Menteri Agama Mukti Ali, Ketua Majelis Ulama Pusat Buya Hamka, dan Ketua Dewan Dakwah Indonesia Moh. Nasir.

Pada Agustus 2013 Masjid Amir Hamzah dibongkar. Pembongkaran Masjid Amir Hamzah dimaksudkan untuk pengembangan gedung IKJ. Meski sempat dijanjikan akan dibangun kembali sesuai dengan kapasitas yang lebih besar, pada kenyataannya hingga Gubernur Ahok lengser dari jabatannya Mei 2017 lalu, belum ada lagi terdengar isu pembangunannya.

Mesjid bersejarah ini melahirkan banyak seniman-seniman besar seperti Chaerul Umam, WS Rendra, dan Dedi Petet. Ketika diresmikan oleh Ali Sadikin, langsung dinyatakan untuk dijadikan cagar budaya.

Pembangunan mesjid tersebut sempat dimulai kembali pada masa Gubernur PLT Djarot Saiful Hidayat dengan ukuran yang jauh lebih kecil dari sebelumnya. Sempat dijanjikan akan dikebut pembangunannya hingga Oktober 2017, pada kenyataannya mesjid tersebut tidak pernah selesai.

Gubernur DKI Jakarta saat ini melanjutkan pembangunan tersebut hingga selesai. Meski ukurannya tidak seluas saat dibongkar oleh Ahok dulu, masyarakat berharap mesjid tersebut dapat diperbaharui dan diperluas lagi bangunannya sebagaimana yang telah dijanjikan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama yang hingga saat ini masih mendekam di penjara .

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *