Press "Enter" to skip to content

232 Ton Bawang Putih Cina Beredar Ilegal!

  • 8
  •  
  •  
  •  
  •  
    8
    Shares
Ilustrasi Bawang Putih Ilegal asal Cina

Kementrian Perdagangan mengamankan 254 karung berisi 5 ton bibit bawang putih yang diduga illegal dan diperjualbelikan di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur. Bahkan juga dilaporkan, 232 ton bibit bawang putih yang sama diduga telah didistribusikan ke Sumatera Utara, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Seperti yang dilansir oleh jakutnews.com, bawang putih tersebut seharusnya hanya untuk bibit namun justru dijual ke pasar. Direktur Tertib Niaga Kemendag Veri Anggriono Sutioarto menjelaskan pihaknya tengah menelusuri perizinan dan asal muasal hasil temuan bawang putih impor yang diduga dari Cina dan tak memenuhi peraturan wajib administrasi.

Lebih lanjut Veri menjelaskan, penyelewengan ini dilakukan oleh importir dengan menggunakan izin bibit, tetapi setelah masuk ke Indonesia malah dijual langsung ke pasar.

Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR RI menyampaikan ke wartawanparlemen (13/3/2018), pihaknya meminta Kemendag dan Kementan bekerjasama dengan aparat keamanan untuk menindak tegas importir yang menyelundupkan bawang putih asal Cina tersebut secara ilegal.

Awal mula penemuan tersebut berasal dari dokumen pengiriman bawang putih yang diimpor dari Cina dan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara (26/2). Di dokumen tertulis bibit yang ditemukan dalam 254 karung itu merupakan bibitbawang putih.

“Importir beralasan kalau ini bukan bibit tapi bawang konsumsi. Tapi kami kan kalau dilihat dari dokumennya, ini bibit yang tidak boleh diperjualbelikan,” kata Veri di Kompleks Pergudangan Distribution Centre, Kamal Muara, Jakarta Utara, Senin (12/3/2018) kemarin.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.