Press "Enter" to skip to content

#DeleteFacebook!

  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share
#DeleteFacebook

Sebagai sebuah media sosial terbesar di dunia yang digaungkan semenjak 4 Februari 2004, Facebook sepertinya akan mencapai titik klimaks. Tercatat hingga saat ini ada sekitar 2.2 billion pengguna facebook di muka bumi ini. Akan tetapi, semenjak beberapa waktu belakangan isu #DeleteFacebook merebak viral menjadi trend topik di jagad dunia maya.|

Media sosial twitter melaporkan setidaknya ada sekitar 83ribu lebih cuitan yang mentag #DeleteFacebook. Daimca mencoba untuk menelusuri lewat google. Hasilnya ternyata ada hampir 43 juta topik ‘delete facebook‘ jika memasukkan kata kunci tersebut di google.

Mengapa facebook belakangan mulai ditinggal peminatnya?

“it is time. #deletefacebook.”

Setelah terbongkarnya skandal Cambridge Analytica, sebuah firma konsultan pemenangan Donald Trump pada kampanye 2016 lalu, trend #DeleteFacebook mulai menjalar.

Perusahaan konsultan ini setidaknya telah mendapatkan kucuran investasi 15 juta USD untuk menyediakan tool yang dapat mengidentifikasi sifat dari setiap pemilih dan mempengaruhi mereka dalam pemilihan umum yang dimenangkan Trump. Akan tetapi mereka tidak memiliki data-data pribadi yang bisa membuat tool tersebut bekerja.

Pada akhirnya, seperti yang dilaporkan NewyorkTimes, perusahaan konsultan ini menggunakan data pribadi dari pengguna facebook yang jumlahnya lebih dari 50 juta data tanpa mendapatkan izin. Hal ini diketahui dari bocoran ex-pekerja Cambridge Analytica, yang membuat peristiwa ini menjadi skandal kebocoran data terbesar dalam sejarah media sosial.

WhatsApp cofounder bahkan menyebutkan inilah saatnya untuk menghapus facebook.

Berdasarkan statiska.com, di Indonesia hingga akhir 2017 tercatat ada sejumlah 87.75 juta pengguna facebook. Sebuah data yang sangat besar dan cukup signifikant mengingat saat Indonesia saat ini akan menghadapi pesta perhelatan demokrasi lima tahunan.

Alasan warganet disamping penyalahgunaan data pribadi untuk kepentingan pemenangan partai politik, facebook juga telah melakukan pembredelan berupa penghapusan akun pengguna atau bahkan fanpage dan group. Freedom of Speech tidak lagi menjadi sesuatu yang ditawarkan facebook. Hal ini juga memperkuat treding topic #DeleteFacebook


Berdasarkan statiska.com, di Indonesia hingga akhir 2017 tercatat ada sejumlah 87.75 juta pengguna facebook.  Apakah isu delete facebook ini akan sampai ke Indonesia masih belum bisa diprediksi.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.