Press "Enter" to skip to content

Yusril, “Jaksa Agung Setuju Partai ini Dibubarkan!”

  • 6
  •  
  •  
  •  
  •  
    6
    Shares
Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra

Pakar Hukum dan Tata Negara, Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra baru-baru ini menuliskan dalam akun twitternya bahwa Jaksa Agung setuju kalau partai yang terlibat korupsi dibubarkan. Jaksa Agung HM Prasetyo sependapat dengan Yusril tentang kemungkinan partai yang terlibat korupsi harus dibubarkan.

Seperti yang dilansir berbagai media, Prasetyo mengatakan, partai politik dilarang menerima aliran dana hasil kejahatan dalam bentuk apapun. terutama bila dana itu hasil korupsi, maka jika terbukti partai bisa dibubarkan. “Itu undang-undang parpol menyebutkan kalau terbukti menerima aliran dana kejahatan bisa ditutup atau dibubarkan,” ujar Prasetyo, Jumat kemarin.

Hal itu menyusul pernyataan Setya Novanto dalam persidangan yang menyebut sejumlah anggota parpol menerima aliran dana korupsi proyek e-KTP. ”Yang disebutkan baru oknum- orangnya, bukan partainya. Kalau terbukti partainya menerima, partai apapun, terbukti menerima dana hasil kejahatan, tentu ada tindakan hukumnya,” tegas dia.

Disisi lain, Yusril Ihza Mahendra mengemukakan pembubaran parpol hanya bisa dilakukan melalui Mahkamah Konstitusi. Pasal 68 UU Nomor 24/2003 tentang Mahkamah Konstitusi memberi amanat pada lembaga ini untuk memutus perkara pembubaran parpol. Syaratnya, jika asas dan ideologi serta kegiatan-kegiatan parpol itu bertentangan dengan UUD 1945. MK bisa menyidangkan perkara pembubaran parpol jika ada permohonan yang diajukan pemerintah karena memiliki kedudukan hukum atau legal standing atas itu.

Warganet sontak menanggapi tulisan Yusril di twitter. Mereka berhadap kalau kali ini Jaksa Agung betul-betul serius dengan perkataannya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.