Press "Enter" to skip to content

Tipis, Peluang TGB Maju dari Demokrat!

  • 7
  •  
  •  
  •  
  •  
    7
    Shares
Dr. TGH. Muhammad Zainul Majdi, M.A – sumber: tgb.id

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai bahwa peluang TGB dicalonkan Demokrat sangat tipis. Pengamat politik kelahiran Sijunjung Sumatera Barat itu menilai selama sosok Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang menjadi putera mahkota di Partai Demokrat, peluang TGB untuk mewakili partai berlambang tiga berlian ini di kancah Pilpres 2019 hampir tidak ada.

AHY dinilai lebih diunggulkan dari TGB, apalagi putra sulung SBY ini telah mempertaruhkan karir militernya demi berkecimpung di dunia politik.

Seperti yang dilansir oleh Kantor Berita Politik RMOL, Pangi menjelaskan lebih lanjut bahwa pengalaman TGB 2 periode sebagai gubernur NTB dan juga dekat dengan kalangan ulama bukan jaminan kalau ada AHY.

Dalam akun twitternya Pangi menuliskan TGB bisa saja lompat pagar menjadi kader partai lain.

Sementara itu, Sekretaris Jendral Partai Demokrat Hinca Panjaitan mempersilakan kader Demokrat yang saat ini menjabat sebagai Gubernur NTB melakukan safari politik. Ia menyebutkan bahwa partai tidak akan menghalang-halangi semua kader potensialnya untuk ikut bersaing di pemilu presiden 2019.

Masih ada empat bulan untuk melakukan sosialisasi, mendekati rakyat, bicara, dan menaikkan popularitas, lanjutnya.

Partai Demokrat pada pemilu 2014 lalu meraih 10,9 persen suara di legislatif. Berdasarkan aturan presidential threshold, berarti Demokrat harus berkoalisi dengan partai lain untuk bisa melebihi threshold 20 persen. Masih belum diketahui apakah Demokrat akan merapat ke Gerindra dan PKS, partai koalisi pemerintah, atau membentuk poros baru.

 

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.