Press "Enter" to skip to content

TKA Cina Bikin Perkampungan, Siapa RT nya?

  • 5.1K
  •  
  •  
  •  
  •  
    5.1K
    Shares
Illustrasi TKA Cina Illegal

Kementrian Tenaga Kerja memberikan informasi kalau saat ini jumlah tenaga kerja asing (TKA) yang tercatat meningkat 69,85 persen dibandingkan dengan akhir tahun 2016. TKA tersebut mayoritas berasal dari Cina yang mengerjakan proyek-proyek strategis seperti pembangunan jalan, jembatan, dan bahkan industri pertambangan.

Banjirnya TKA Cina ini sudah marak semenjak dua tahun lalu. Mirah Sumirat, Presiden Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK), pada tahun 2016 pernah mempertanyakan kemana sebenarnya keberpihakan pemimpin negeri ini.

Baca juga: Mirah Sumirat, “Investasi Asing atau Ivasi Asing?

Perpres Nomor 20 Tahun 2018 Dan Bangsa Yang Menganggur
Keluarnya Peraturan Presiden Republik Indonesia pada 26 Maret 2018 lalu membuat mobilisasi TKA asal Cina semakin marak menancapkan kukunya ke bumi pertiwi.


Kebijakan Presiden Jokowi ini menuai banyak kontra masyarakat. Sebab fakta dilapangan menunjukkan TKA yang datang banyak yang bekerja sebagai buruh kasar.

Dalam perpres tersebut juga disebutkan kalau adanya kewajiban alih teknologi. Bhima Yushistira, Peneliti Institute for Development of Economic and Finance (Indef) mengatakan kalau ini tidak akan berjalan. Sebab mereka TKA Cina tidak diwajibkan untuk berbahasa Indonesia.

Kerja, Kerja, Kerja, Lapangan Kerjanya Mana?
Menurut laporan Badan Pusat Teknologi (BPS) hingga Agustus 2017 angka pengangguran masih menunjukkan jumlah yang fantastis yaitu 7,04 juta orang. Seperti yang dilansir jpnn.com, Ketua DPP Partai Gerindra Nizar Zahro awal April ini telah mendesak Perpres Tenaga Kerja Asing nomor 20 tahun 2018 dicabut.

“Perpres ini bisa dikatakan sebagai wujud ketertundukan pemerintah Indonesia terhadap kemauan para investor asing,” kata Nizar yang juga ketua umum Satuan Relawan Indonesia Raya (Satria).

Perpres ini akan melumpuhkan anak negeri. Pemerintah jika memang beritikad baik untuk rakyatnya seharusnya lebih memperjuangkan anak negeri sendiri yang masih banyak menanggur dan membutuhkan pekerjaan dari pada tunduk kepada kapitalisme asing.

Perkampungan Cina Illegal Meresahkan
TKA Cina yang datang ke negeri ini datang bergerombol. Jumlah mereka dalam satu gerombolan bisa hingga ratusan orang.


Kantor Iimigrasi Bogor pernah mengendus keberadaan Tenaga Kerja Asing (TKA) Ilegal Asal Tiongkok di Bogor, Jawa Barat. Mereka membentuk tim yang didampingai beberapa petugas polisi bersenjata   menggerebek perkampungan TKA asal Tiongkok di Perbukitan Cigudeg, wilayah Barat Kabupaten Bogor.

Sementara di Sulawesi Tengah TKA Cina sudah meresahkan karena banyak melakukan pelanggaran keimigrasian di daerah itu. Mereka datang tanpa dilengkapi dokumen imigrasi dan surat izin tenaga kerja yang dikeluarkan  instansi terkait seperti Kementerian Tenaga Kerja.

Sayangnya dari sekian banyak temuan dan laporan masyarakat, sepertinya ada pembiaran yang terjadi. Ketika mereka membuat perkampungan di negeri ini, siapa yang harus turun mempertahankan pencurian tanah dan wilayah bangsa ini?

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *