Press "Enter" to skip to content

Sejumlah Alasan yang Membuat Cak Imin Optimis Dampingi Jokowi

  • 19
  •  
  •  
  •  
  •  
    19
    Shares
Cak Imin Optimis Dampingi Jokowi

Tekad Muhaimin Iskandar ysng akrab dipanggil Cak Imin untuk maju dalam Pilpres 2019 mendampingi Joko Widodo, seolah tidak terbendung. Setelah menebar spanduk dan baliho di seluruh penjuru tanah air tentang pencalonannya sebagai Cawapres, disusul dengan pendirian Posko relawan Cinta (Cak Imin Untuk Indoesia yang diawali di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan pada 6/4/2018.

Terakhir, Ketua Umum PKB ini pada 10/4/2018 meresmikan berdirinya Posko JOIN yang merupakan akronim dari Joko Widodo – Muhaimin.

Sikap optimis dari Cak Imin tersebut sudah barang tentu bukan tanpa alasan. Meski untuk itu dia harus menerima sejumlah kritik dari berbagai kalangan, salah satu diantaranya adalah Sekjend PPP, Asrul Sani yang menganggap Cak Imin tidak menghargai koalisi pendukung Jokowi.

Namun, meski menghadapi kritik dari sejumlah pihak, Wakil Ketua MPR ini tetap bergeming dan mengatakan kalau kritik merupakan hal biasa dalam demokrasi. Demokrasi itu bebas dan kritik merupakan bagian dari dialektika demokrasi, demikian menurut pendapat Cak Imin.

Terlepas dari sejumlah kritik yang dilontarkan, sikap optimis  Cak Imin untuk maju sebagai Cawapres mendampingi Jokowi disebabkan karena sejumlah alasan. Alasan utamanya adalah karena apa yang saat ini dia perjuangkan menurutnya merupakan fardlu kifayah. Hal tersebut dia sampaikan pada waktu membuka Posko JOIN di Semarang tanggal 17/4/2018.

Dikatakan fardlu kifayah karena upayanya untuk menjadi pendamping Jokowi merupakan perintah dari para Kyai dan warga nahdliyin. Dukungan dari para kyai tersebut disampaikan pada saat Cak Imin melakukan pertemuan di Pondok Pesantren Futuhiyyah, Mranggen, Demak dengan sejumlah pengasuh pondok pesantren. Beberapa pengasuh Pondok Pesantren yang memberikan dukungan tersebut diantaranya adalah  K.H. Zaenal Arifin Maksum, K.H. Munif M Zuhei, K.H. Dimyati Rois, K.H. Muhammad Adnan dan K.H. Yusuf Chudlori.

Baca juga: Bomb peninggalan perang dunia kedua ditemukan pekerja galian, KBRI Berlin keluarkan edaran!

Disamping dukungan dari internal Partai PKB, para Kyai dan warga NU, sikap optimis Cak Imin untuk dipinang oleh Jokowi disebabkan karena besarnya peran PKB dalam pemenangan Jokowi pada pelaksanaan Pilpres 2014  serta kontribusi besar yang akan diberikan JOIN untuk memenangkan Jokowi dalam Pilpres 2019.

Keyakinan mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi ini semakin kuat untuk dipilih oleh Jokowi menjadi Cawapres karena menurutnya kampanye JOIN di tengah-tengah masyarakat sudah mendapat restu dari Jokowi. “Kami mendapatkan izin dan dukungan dari beliau (Jokowi), agar JOIN disosialisasikan,” ungkap Cak Imin.

Meski sikap optimis tersebut menyertai Ketua Umum PKB ini untuk maju dalam bursa Cawapres pendamping Jokowi,  namun dia tetap pasrah, menyerahkan segala sesuatunya kepada kehendak Tuhan.  “Saya yakin dengan takdir, dan takdir yang akan menentukan,” kata Muhaimin Iskandar. (AGK)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.