Press "Enter" to skip to content

Survey Cyrus Network, “Anies Paling Berpeluang Dampingi Prabowo”

  • 7
  •  
  •  
  •  
  •  
    7
    Shares
Peluang Anies Dampingi Prabowo

Besarnya peluang Anies Baswedan untuk mendampingi Prabowo dalam Pilpres 2019 tidak hanya dapat dilihat dari hasil survey Cyrus Network, dimana pada survey tersebut nama Anies menduduki urutan teratas calon cawapres ideal bagi Prabowo Subianto dengan mengantongi dukungan sebesar 15,3 persen. Disamping itu, Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno juga menguatkan wacana nama Anies sebagai bakal cawapres.

Menurut Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini, setiap kali dirinya melakukan kunjungan ke luar kota, selalu saja ada pengurus Partai Gerindra di tingkat daerah serta masyarakat yang meminta agar Anies Baswedan disandingkan dengan Prabowo.

“Pasca Pilkada, nama Pak Anies semakin dikenal di seluruh wilayah Indonesia. Karena itu, syah-syah saja jika elite Partai Gerindra dan masyarakat menawarkan Pak Anies sebagai salah satu pendamping Pak Prabowo, sebab beliau adalah salah satu putra terbaik bangsa yang saat ini sedang memimpin DKI. Jabatan gubernur tersebut merupakan aset sekaligus liability bagi beliau, dan Pak Anies pernah berjanji kepada saya untuk fokus memimpin Jakarta hingga berakhirnya masa jabatan,” terang Sandiaga Uno.

Namun, Wagub DKI ini tidak menutup mata bahwa kinerja Anies Baswedan yang selama ini bagus membuat masyarakat dan sebagian elite partai menghendaki Anies terproyeksikan pada level nasional. Hanya saja, Sandiaga Uno selaku Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra tetap akan mengembalikan keputusan tentang cawapres kepada Prabvowo Subianto dan para pengambil keputusan koalisi tentang siapa nantinya yang akan dipilih sebagai pendamping Ketua Umum Partai Gerindra dalam Pilpres 2019.

Tentang kesiapannya untuk menggantikan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI seandainya Anies maju sebagai Cawapres, Sandiaga Uno tidak menyampaikannya secara terbuka. Dia hanya mengatakan bahwa awalnya dia justru maju sebagai gubernur.

“Jadi ya ….melanjutkan mimpi yang tertunda, hahaha …..”

Menguatnya nama Anies Baswedan sebagai calon ideal pendamping Prabowo, tidak membuat kubu PKS pesimis. Hal tersebut ditunjukkan dengan disodorkannya 9 nama kader PKS untuk dapat mendampingi Prabowo. Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera bahkan secara terbuka mengungkapkan ketidakrelaannya jika nantinya Prabowo mempersunting Anies sebagai cawapres.

“Masa pendaftaran kandidat Pemilu 2019 masih jauh, yaitu tanggal 4 – 10 Agustus 2018. Jadi kesempatan masih panjang bagi kami untuk meyakinkan Pak Prabowo agar memilih kader PKS. Anything can happen,” kata Mardani Ali Sera.

Baca juga: Anies Berpeluang Dampingi Prabowo Subianto

Ngototnya PKS agar kader partainya dapat terpilih sebagai Cawapres Prabowo, menurut Mardani juga didorong oleh faktor lain, yaitu efek politik pada Pilkada serentak. Sebab dengan majunya kader PKS sebagai cawapres diprediksi akan dapat mendongkrak elektabilitas dari Partai Keadilan Sejahtera. (AGK)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *