Press "Enter" to skip to content

Pakai Kaos #2019GantiPresiden 29 April Ini!

  • 15
  •  
  •  
  •  
  •  
    15
    Shares
CFD 29 April Bakal Diwarnai Gerakan Memakai Kaos #2019GantiPresiden

Seperti bola salju, gerakan memakai kaos #2019GantiPresiden terus menggelinding dan mewabah di seluruh penjuru tanah air. Bahkan gerakan tersebut tidak hanya viral di media sosial tapi juga mulai diwujudkan dalam bentuk gerakan nyata, yang bakal diawali lewat aksi memakai kaos #2019GantiPresiden pada acara Car Free Day (CFD) di seluruh penjuru tanah air.

Tidak jelas siapa yang mengawali gagasan untuk mewujudkan penggunaan kaos dengan hashtag 2019GantiPresiden dalam bentuk gerakan nyata, karena pesan viral tersebut tiba-tiba telah memenuhi linimasa sejumlah media sosial dalam dua minggu terakhir. Ajakan tersebut tentu saja disambut dengan gembira oleh pribadi maupun kelompok dan organisasi yang mendukung lengsernya Joko Widodo.

Salah satu dari organisasi tersebut adalah Gerakan Pemuda Jakarta (GPJ) yang menginstruksikan kepada anggotanya dan juga masyarakat yang mngikuti CFD untuk mengenakan kaos #2019GantiPresiden.

Dalam pernyataannya, Ketua GPJ, Ade Selon mengatakan bahwa  gerakan yang dilakukan komunitas hashtag tersebut tidak bertujuan untuk menciderai tujuan utama dari CFD dan juga tidak bermaksud untuk kampanye. Karena itu, dalam pelaksanaannya tidak ada aksi demo maupun orasi, tapi cukup dengan mengenakan kaos #2019GantiPresiden, serta berolahraga seperti biasa.

“Untuk aksi yang dilakukan di Jakarta, titik kumpul massa nantinya akan dipusatkan di Bundaran HI depan Hotel HYATT dari jam 06.00 hingga selesai. Massa akan berjalan mengelilingi lokasi CFD dan tidak akan ada tambahan rute yang lain,” terang Ade Selon.

Meski aksi tersebut diklaim bukan merupakan aksi politik dan tidak ada unsur kampanye, namun Ketua GPJ ini berharap, aksi yang dilakukan masyarakat lewat hashtag 2019 Ganti Presiden, gaungnya dapat terdengar hingga ke Istana Negara.

Berbeda dengan Ketua GPJ yang ikut terlibat langsung dalam penggalangan massa, penggagas hashtag #2019GantiPresiden yang juga Ketua DPP PKS Bidang Koordinasi Kehumasan, Madani Ali Sera, mengaku tidak tahu menahu tentang gerakan mengenakan kaos #2019GantiPresiden pada pelaksanaan CFD, 29 April 2018 nanti.

Baca juga: #2019GantiPresiden, Jogja Bergerak!

“Saya sendiri juga diundang oleh panitis untuk ikut hadir dalam aksi tersebut. Jadi saya tidak ikut terlibat dalam kepanitiaan. Hanya saja, saya sangat mendukung aksi ini, dan berharap apa yang menjadi harapan dari kegiatan ini, nantinya bisa terwujud,” ungkap Madani Ali Sera.

Viralnya hashtag #2019GantiPresiden yang disablon di kaos, topi, mug dan benda-benda yang lain, menurut Ketua DPP PKS ini merupakan respon masyarakat dan suara hati rakyat atas kegagalan pemerintah saat ini dalam memenuhi janjinya. Menariknya, respon kekecewaan tersebut tidak diwujudkan dalam bentuk tindakan-tindakan anarkis melainkan respon yang kreatif.

“Di era milenial seperti sekarang dengan kreatifitas info yang terbuka, apapun bisa dijadikan alat kontrol bagi pemerintah, sekaligus menjadi pelecut untuk bekerja secara benar dan jujur, serta bukan hanya sekedar pencitraan,” papar Madani.

Dia juga memastikan bahwa aksi mengenakan kaos #2019GantiPresiden pada pelaksanaan CFD bukan aksi politik dan juga bukan  kampanye, karena dalam kegiatan tersebut tidak ada ajakan untuk memilih Paslon. (AGK)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.