Press "Enter" to skip to content

Daimca Polling, Prabowo-TGB 77%, Jokowi 3,8%, AHY Stabil 1%

  • 553
  •  
  •  
  •  
  •  
    553
    Shares
Hasil sementara
Hasil sementara Daimca Polling – April 2018

Memasuki hari  terakhir bulan April, Daimca Polling mengenai siapa kandidat pasangan calon presiden-wakil presiden untuk pilpres 2019 nanti seperti sudah mengkristal.

Ditengah banyaknya lembaga survey yang mengklaim memiliki hasil paling akurat dan paling terpercaya, Daimca mencoba menawarkan sesuatu yang berbeda. Pada prinsipnya, semua lembaga survey sama-sama membutuhkan responden untuk setiap pertanyaan yang dilemparkan. Sederhana? Iya.  Semua orang bisa melakukannya.

Survey yang diadakan oleh, misalnya SMRC dan  Cyrus Network juga tidak jauh berbeda dengan survey yang diadakan oleh Fadli Zon dalam akun twitternya. Justru, survey ataupun polling yang dilakukan di media sosial, khususnya twitter, hasilnya lebih transparan dan terpercaya. Fadli Zon dalam hal ini, tidak akan bisa melakukan akrobatik angka-angka. Ia hanya tinggal menggunakan tool yang tersedia di twitter, bikin pertanyaan, submit, selesai. Ia tidak memiliki kontrol mengubah hasil polling kecuali hanya bisa menghapusnya.

Sementara lembaga seperti SMRC dan Cyrus Network tidak pernah diketahui bagaimana proses pengambilan data dari responden. Bahkan yang paling menggelikan adalah baru-baru ini, ketika sebuah media nasional menampilkan hasil survey dimana antara data dan kesimpulan bertolak belakang.

Baca juga: Iwan Fals, Apa yang kau cari dari polling-polling itu?

Dari sini masyarakat bisa belajar, bahwa survey yang dilakukan oleh lembaga-lembaga tersebut tidak bisa dipercaya sepenuhnya.

Tentu saja  survey atau polling yang dilakukan  oleh pemilik akun di Facebook dan Twitter juga memiliki kelemahan. Survey mereka bisa diserbu oleh akun-akun kloningan yang tidak bertanggung jawab. Hal ini bisa mempengaruhi tingkat akurasi dan kepercayaan hasil. Ini juga menjadi salah satu pembeda utama. Sebuah lembaga survey memiliki kuasa penuh mengontrol survey mereka, apakah akan jujur menampilkan data dan hasil atau malah berakrobatik berdasarkan pesanan. Sementara survey di media sosial rentan akan serbuan akun kloningan.

Daimca semenjak 15 Maret 2018 lalu  telah merilis polling berkenaan dengan calon-calon yang berpotensi maju bertarung pada pilpres 2019 mendatang. Semua calon yang ditampilkan dalam survey adalah berdasarkan isu-isu yang beredar di media sosial hingga pada waktu diluncurkannya survey tersebut.

Baca juga: Siapa Saja Kandidat Calon Presiden RI 2019-2024?

Hasilnya? Hingga saat ini berita ini ditulis tercatat sejumlah 7153 suara masuk. Dr. TGH Zainul Majdi (Tuan Guru Bajang-TGB) tetap menjadi teratas semenjak awal april ini. Jika dikombinasikan dengan Prabowo Subianto, maka Prabowo-TGB akan mendominasi hingga hampir 80% responden. Sementara presiden petahana bertahan di 3.78% meski suara yang masuk juga meningkat, namun masih kalah jauh dengan Gatot Nurmantyo yang dipilih oleh 8.46% responden. Bagaimana dengan Agus Harimurthi Yudhoyono? Kandidat utama Partai Demokrat ini stabil semenjak awal dengan 1.1% atau hanya meraup 79 suara saja.

Apakah polling Daimca bisa dipercaya? Satu hal yang jelas, polling ini terhindar dari kemungkinan akun kloningan jika melakukan survey di media sosial. Dan yang paling penting, tidak ada manipulasi. Tidak akan ada cerita dimana 72% lebih kecil dari 27%.

Polling ini masih akan dibuka terus. Hingga menjelang penutupan pendaftaran calon kandidat pasangan presiden-wakil presiden pada 17 Agustus 2018 nanti.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.