Press "Enter" to skip to content

Siapa Peraih Ballon d’Or 2018?

  • 13
  •  
  •  
  •  
  •  
    13
    Shares
 Ballon d'Or 2018
Siapa Peraih Ballon d’Or 2018?

Musim liga di hampir semua liga utama Eropa sudah hampir usai. Masing-masing negara yang memiliki kompetisi liga attraktif sudah memiliki pemenangnya. Sebut saja Manchester City di Liga Inggris, Bayern Munich di BundesLiga, Barcelona di La Liga, dan PSG di Liga Prancis.

Nama-nama besar yang menjadi pavorit untuk memperoleh gelar pemain terbaik dunia 2018 kembali mencuat. Christiano Ronaldo dan Leonel Messi sepertinya akan kembali bertarung untuk menunjukkan siapa terbaik diantara mereka. Namun jangan lupa, ada Neymar yang menjadi superstar di PSG setelah berhasil lepas dari bayang-bayang Messi di Barcelona. Kemudian ada Kevin de Bruyne, detak jantungnya Manchester City serta Mohamed Salah, icon baru Liverpool.


Seberapa besar peluang mereka tahun ini? Adakah akan muncul nama baru yang merusak hegemoni Ronaldo-Messi? Simak!

Neymar

Pemain bernama panjang “Neymar da Silva Santos Júnior” ini adalah pesapkbola yang sangat menakjubkan. Kepindahannya dari Barcelona adalah keputusan tepat. Ia ingin dunia mengetahui bahwa seorang Neymar ada. Berada di Barcelona sama artinya membiarkan dirinya tertutup dengan kebesaran Messi. Neymar ingin publik tahu bahwa ia bisa melebihi mantan komptatriotnya itu.

Permainannya yang memukau merupakan cerminan dari skill olah bolanya yang luar biasa di lapangan. Pertunjukan trik ala Brasil membuat rasa haus publik yang rindu akan permainan cantik era Ronaldinho terpuaskan. Ia menjadi superstar dan  menjadi pemain termahal dunia semenjak pindah ke PSG. Namun hal itu dibayarnya tuntas dengan jumlah gol dan assist yang dilakukannya. Hingga saat ini dari total 30 pertandingan ia telah melesakkan 29 gol dan 17 assists. Sebuah rekor yang luar biasa.

Selama musim 2017/2018 di Prancis, laju Neymar tidak terhentikan. Ia menjadi Man of The Match sebanyak 16 kali! Itu berarti setiap dua pertandingan bersama PSG, Neymar menjadi pemain paling berperan. Ia tidak hanya menjadi idola PSG, namun juga telah menjadi bintang di Liga Prancis.

Bagaimanapun, cidera telah menghentikannya. Sejenak publik Paris sepi dari nama Neymar. Terlemparnya PSG dari Piala Champion mungkin akan mengecilkan peluangnya memperoleh Ballon d’Or. Meski PSG telah mengantongi Piala Liga dan juga dipastikan akan memenangi Liga Prancis namun itu belum cukup. Andai saja Brasil bisa tampil sebagai juara pada Piala Dunia bulan Juni ini, Neymar berpeluang untuk mendongkel Messi dan Ronaldo dari perburuan pemain terbaik.

Kevin de Bruyne

Semenjak kedatangan Pep Guardiola ke Manchester City, De Bruyne menjelma menjadi jendral lapangan tengah The City. Kemampuannya membaca dan mengatur alur serangan serta skill olah bola yang luar biasa membuat pemain-pemain depan City merasa dimanjakan. Kemampuannya dalam melepaskan passing-passing jitu dan merangsek maju kedepan membuat pemain lawan harus mengawalnya dengan ketat. Namun demikian statistik mencatat kalau De Bruyne pemain dengan jumlah assist dengan tingkat akurasi tertinggi di liga Ingggirs. Tercatat ia juga berhasil melesakkan 11 gol dan 19 assist.

Peluangnya untuk mendapatkan Ballon d’Or memang kecil mengingat City sudah tersingkir dari Piala Champion. Di Liga Inggris, pamornya kalah dari Mohamed Salah yang melejit musim ini bersama Liverpool. Namun ia sudah dipastikan akan masuk sebagai kandidat peraih Ballon d’Or, setidak-tidaknya jika ada kategori pemain tengah terbaik maka De Bruyne sudah dipastikan akan merengkuhnya.

Mohamed Salah

Sejujurnya, tidak ada yang bisa diceritakan lagi tentang Mohamed Salah. Statistiknya tahun ini begitu luar biasa. Sejumlah 45 gol dan 13 assist berhasil dibuatnya dari total 53 penampilan Bersama Liverpool di semua ajang. Tidak hanya itu, ia memecahkan hampir semua rekor individu yang dimiliki oleh legenda-legenda liga Inggris.


Pencetak gol terbanyak Liga Inggris dalam satu musim.
Pencetak gol terbanyak untuk Liverpool dalam satu musim.
Peraih penghargaan PFA Player of The Month terbanyak dalam satu musim.

Peluang Salah memperoleh Ballon d’Or musim ini lebih bagus dari Neymar dan De Bruyne. Bisa jadi ia adalah jawaban ‘Siapa Peraih Ballon d’Or 2018’. Salah berkemungkinan mampu menerobos dominasi Ronaldo dan Messi, jika Liverpool berhasil menjuarai Champion tahun ini. Tentu saja, mereka harus mengalahkan dengan Real Madrid di final terlebih dahulu.

Ronaldo and Messi

Tahun ini memasuki tahun kesebelas dominasi kedua pemain terhebat sejagat. Belum ada tanda-tanda keduanya untuk mengendur meski telah dimakan usia. Christiano Ronaldo pada awal musim sempat ditengarai memasuki masa suram setelah tampil kurang mengesankan bersama Real Madrid. Namun memasuki awal 2018, penampilannya kembali menggila. Tidak ada yang bisa menyangka kalau Ronaldo bisa bermain begitu ganas diusia 33 tahun. Statistiknya musim ini menunjukkan bahwa kemampuannya tidak menurun. Sebanyak 44 gol dan 8 assist dibuatnya dari total 44 pertandingan bersama Real Madrid.

Satu-satunya penghambat yang bisa membuat Ronaldo tidak mendapatkan penghargaan Ballon d’Or tahun ini adalah ketidakstabilannya di La Liga. Hal itu membuat Real Madrid membayar mahal dengan melepaskan titel juara ke Barcelona. Akan tetapi, seandainya Real berhasil memenangkan Champion tahun ini, Ronaldo tidak akan bisa terhentikan.


Leonel Messi. Pemain paling berbakat sepanjang sejarah sepakbola modern. Kekuatan kakinya, kestabilan berlari dan membawa bola, serta kemampuannya membaca gerakan membuatnya mudah melewati pergerakan lawan. Hal yang hanya bisa dilakukan oleh sang penyihir sekaligus gurunya, Ronaldinho. Tercatat dari 54 pertandingan yang telah dilewatinya bersama Barcelona, Messi telah menjaringkan 46 gol dan 14 assist. Kestabilan permainannya selama musim ini ditambah dengan titel juara La Liga Barcelona membuat Messi berada pada posisi terdepan perebutan pemain terbaik dunia 2018.

Kesimpulan?

Pertanyaan ‘Siapa Peraih Ballon d’Or 2018’ sepertinya akan kembali diperebutkan oleh dua nama. Christiano Ronaldo dan Leonel Messi. Hingga saat ini, Messi sedikit lebih unggul dari Ronaldo karena dua factor. Konsistensi permainan dan gelar La Liga Barcelona. Andai saja Ronaldo bersama Real Madrid berhasil mengalahkan Liverpool di Final Champion nanti, maka Ronaldo sudah dipastikan akan memperoleh Ballon d’Or nya yang keenam.

Baca juga: Salah akan terobos dominasi Ronaldo dan Messi?

Meski demikian ada factor terbesar tahun ini. Piala Dunia 2018 memiliki factor lebih tinggi dari Liga Champion. Baik Neymar, De Bruyne, dan Mohamed Salah masih memiliki peluang mendapatkan Ballon d’Or pertama mereka. Syaratnya, tim nasional mereka harus melaju sejauh mungkin di Piala Dunia yang digelar di Rusia bulan Juni 2018 nanti.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *