Press "Enter" to skip to content

Cireng, Makanan Daerah dari Tanah Sunda yang Kembali Dirindukan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Penganan Bandung
Cireng, Penganan Bandung

Cireng yang berasal dari kata aci digoreng ini merupakan makanan daerah Sunda yang kini kembali terlihat dijajakan oleh para penjual makanan. Cireng hanyalah satu dari sekian banyak makanan tradisional yang mampu kembali eksis menyapa para pejajan.

Jajanan ini banyak disukai oleh berbagai kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa kantoran yang butuh camilan di sela-sela kerja.

Mungkin kamu juga sudah menjadi salah satu penyuka cireng? Atau hanya pernah mendengar dan belum pernah mencoba mencicipinya? Kalau belum kamu belum pernah coba, sebaiknya kamu coba sekarang.

Cireng Sabakota

Di Sunda ada istilah  saba kota yang artinya main ke kota. Istilah ini dipopulerkan oleh cerita Kabayan Saba Kota di mana ia pergi ke kota meninggalkan kampungnya. Cireng sabakota memiliki arti bahwa keberadaan cireng kini tidak hanya ditemukan di pelosok kampung dan di tanah Sunda saja, tapi juga sudah merambat ke area kota dan bersaing dengan jajanan-jajanan lainnya. Cireng bukan lagi makanan yang diremehkan.

Cireng bisa ditemukan di kaki lima bahkan toko online

Penjual cireng bisa kamu temui di kaki lima, penjaja gorengan keliling, gerobak di depan sekolahan, stand khusus, restoran, bahkan toko online. Sebab itulah, para pecinta cireng kini tidak perlu kesusahan karena kepopuleran cireng mampu menggerakkan pebisnis hingga ke ranah online.

Baca juga: #Delete Facebook!

Para pelangan bahkan tidak perlu menggerakkan kaki mereka untuk mencari penjual cireng, melainkan hanya perlu menggunakan smartphone mereka dan tunggu sampai kurir datang dengan membawa pesanan. Dengan demikian, cireng mampu hadir di tengah kehidupan urban. Benar-benar cireng sabakota, bukan?

Kreasi yang diciptakan pun beragam untuk meningkatkan rasa cireng dan untuk memancing ketertarikan pelanggan. Dari varian isi cireng hingga kemasan yang memikat, dari cireng yang harus digoreng terlebih dahulu maupun tinggal lahap. Tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan.

Jika ingin menyetok cireng untuk disantap besama keluarga, kamu bisa membeli cireng yang belum digoreng dan biasanya tahan selama beberapa hari di lemari pendingin. Jika ingin memakan cireng saat itu juga, kamu bisa membeli cireng yang tinggal disantap.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.