Press "Enter" to skip to content

Mako Brimob Rusuh, Dimana Ahok?

  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares
Dimana Ahok?

Kisruh di Mako Brimob (8/5/2018), Kelapa Dua, Depok, akibat pemberontakan narapidana terorisme sempat membuat tegang negara. Napiter membobol rumah tahanan di Gedung C dan menduduki keseluruhan rutan. Kejadian ini bahkan memakan korban dari pihak polisi sebanyak 5 orang dan narapidana teroris 1 orang.

Lantas bagaimana kabar mantan gubernur DKI Jakarta, Ahok, yang juga mendekam di rutan yang sama karena kasus penodaan agama?

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto, menyatakan bahwa mereka sudah mengamankan Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama. Narapidana menguasi rutan gedung A, B, dan C. Sementara itu Setyo menegaskan bahwa Ahok tidak berada di ketiga gedung itu, melainkan tempat yang terpisah dan sudah dalam pengamanan polisi sehingga masyarakat tidak perlu bertanya-tanya lagi.

Ia mengatakan bahwa mantan gubernur itu tidak bisa dievakuasi. Para napi menguasai rumah tahanan dengan bekeliaran bebas beserta senjata untuk menembak siapa pun yang masuk ke dalam rutan. Hal ini menyulitkan aparat yang hendak membebaskan sandera.

Karena banyaknya pertanyaan mengenai nasib Ahok, adiknya yakni Fifi Lety Indra akhirnya memberikan pernyataan lewat Instagram bahwa kakaknya yang menghabiskan masa tahanan di Mako Brimob itu dalam keadaan yang baik-baik saja.

“Karena masih banyak yang tanya soal aman tidak dll lantaran ada kerusuhan semalam, makanya saya jawab lagi, uda percaya aman doa Mazmur 91 kalau bapak aman dan dalam lindunganNya,” tulisanya pada Rabu (9/5/2018).

Pihak polisi dan keluarga menyatakan bahwa Ahok dalam keadaan aman. Namun di manakah Ahok berada sebenarnya jika tidak di gedung A, B, dan C?

Simpang siur keberadaan Ahok akhirnya dijawab oleh Sri Puguh Budi Utami selaku Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM. Ia menegaskan bahwasannya Ahok berada di blok khusus yang terpisah dengan narapidana teroris. Blok khusus itu masih berada di dalam lingkungan Mako Brimob serta terpisah dari area pemberontakan napiter terjadi.

Ia menjelaskan bahwa di Mako Brimob sesungguhnya ada empat blok untuk napi dari macam-macam kasus. Blok A, B, dan C merupakan blok yang dihuni oleh mapiter, sedangkan blok sisanya diisi oleh narapidana dengan kasus-kasus lain. Blok khusus ini berada di bawah pengawasan Kemenkum HAM.

Tak dijelaskan dengan jelas di mana blok khusus ini persisnya berada. Namun demikian, Asludin Hatjani sebagai pengacara Aman Abdurrahman yang merupakan terdakwa teroris mengatakan bahwa lokasi Ahok jauh dari area kerusuhan, walaupun masih di dalam kompleks Mako Brimob.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *