Press "Enter" to skip to content

Erdogan Pimpin Sidang Luar Biasa OKI!

  • 148
  •  
  •  
  •  
    148
    Shares
rapat luar biasa OKI
Presiden Turki Erdogan akan pimpin rapat luar biasa OKI menyikapi aksi brutal Israel

Organisasi Konferensi Islam (OKI) akan bersidang pada pertemuan luar biasa di Istanbul pada Jum’at 18 Mei 2018 ini, untuk menunjukkan solidaritas dengan rakyat Palestina dan mengecam relokasi kedutaan AS ke Yerusalem, serta serangan Israel yang menewaskan lebih dari 60 warga sipil dalam protes pada 14 Mei lalu.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan, sebagai ketua organisasi beranggotakan 57 negara ini, akan menjadi tuan rumah para pemimpin dan pejabat senior dari negara-negara mayoritas Muslim, yang bertujuan untuk mengeluarkan pernyataan kuat bahwa mereka akan “Tidak Pernah Memberikan Jerusalem ke Israel.”

“KTT akan fokus pada sikap dan langkah yang akan diambil oleh negara-negara Islam untuk membela Palestina dan Yerusalem dalam kerja sama dan solidaritas dengan Negara Palestina dan rakyatnya,” demikian pernyataan tertulis İbrahim Kalın, kepala penasihat kebijakan luar negeri Presiden Erdoğan hari ini.

Baca juga: Erdogan Kecam Dunia Internasional Hening Atas Kebrutalan Israel!

“Pendudukan Israel dan isu Palestina tidak hanya masalah yang menyangkut negara-negara Muslim, tetapi semua orang yang percaya pada keadilan dan hukum. Langkah-langkah yang diambil untuk memobilisasi komunitas internasional untuk mengakhiri kekejaman yang sedang berlangsung di Palestina akan dibahas di puncak,” tambah Kalın.

KTT OKI akan dimulai dengan sesi pagi di mana para menteri luar negeri dari OKI akan menghadiri untuk membahas perkembangan terakhir setelah relokasi kedutaan AS ke Yerusalem serta tindakan yang akan diambil oleh dunia Islam. Para menteri juga akan menyusun deklarasi untuk diungkapkan oleh para pemimpin OKI nanti pada 18 Mei.

Presiden Erdoğan dan Menteri Luar Negeri Mevlüt Çavuşoğlu telah melakukan diplomasi telepon super sibuk selama beberapa hari terakhir untuk menjadikan KTT OKI sukses dengan partisipasi tingkat tinggi. Iran, Azerbaijan, Sudan, Pakistan, Qatar, Guinea, Kuwait dan Indonesia adalah salah satu negara yang telah mengkonfirmasi partisipasi tingkat tertinggi dalam KTT tetapi diharapkan bahwa sebagian besar negara-negara OKI akan diwakili dengan cara yang sama di puncak.

Baca juga: Afrika Selatan Tarik Pulang Duta Besarnya Dari Israel!

Sementara itu pada hari yang sama dengan KTT OKI, Istanbul akan menggelar rapat umum besar-besaran atas nama solidaritas dengan Palestina, yang akan dihadiri oleh Presiden Erdogan dan pemimpin Partai Gerakan Nasionalis (MHP) Devlet Bahçeli.

Menteri Luar Negeri Mevlüt Çavuşoğlu mengatakan para pemimpin OKI di Istanbul juga akan diundang untuk menghadiri rapat umum jika mereka menginginkannya.

“Mereka disambut hangat untuk menghadiri rapat umum,” kata Çavuşoğlu dalam wawancara dengan penyiar negara bagian TRT.

Sumber: www.hurriyetdailynews.com

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.