Press "Enter" to skip to content

Sah, Unai Emery Resmi Gantikan Arsene Wenger!

  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares
Unay Umery
Unay Umery Resmi Gantikan Arsene Wenger

Arsenal akhirnya resmi mengumumkan Unai Emery sebagai manajer baru mereka menggantikan Arsene Wenger yang memilih hengkang setelah 22 tahun menangani klub asal London tersebut. Manajemen Arsenal akhirnya lebih memilih Unay Emery yang musim lalu menangani PSG daripada Mikel Arteta. Rekam jejak Emery yang lebih mentereng daripada Arteta menjadi alasan kuat Arsenal lebih memilih manajer berkebangsaan Spanyol tersebut.

Emery mengawali karir kepelatihannya di Lorca Deportiva, sebuah tim kecil di Spanyol. Dua tahun bertahan di Lorca dan berhasil mengantarkan tim tersebut promosi, Emery kemudian melanjutkan kiprahnya ke Almeria yang saat itu bermain di divisi segunda. Di Almeria, Emery juga berhasil mengantarkan tim tersebut promosi ke La Liga pertama kali dalam sejarah klub. Hal ini membuat Valencia, yang kala itu menghadapi masalah keuangan menariknya ke Mestalla.

Di Valencia, Emery harus berjuang keras karena selain masalah keuangan, beberapa pemain bintang dari klub yang bermarkas di Mestalla itu terpaksa harus dijual demi kelangsungan klub, David Silva slah satunya. Namun dengan skuad sederhana, Emery berhasil membawa Valencia duduk di peringkat 6 klasemen akhir dan membawa klub tersebut mentas di Liga Europa. 3 musim berikutnya, Emery berhasil membawa Valencia menjadi klub penghuni 3 besar secara beruntun. Bukan hal yang mudah, mengingat kondisi keuangan Valencia yang kritis sehingga dia tidak mendapatkan budget transfer yang besar.

Lepas dari Valencia, Emery pindah ke Rusia untuk menangani Spartak Moscow. Namun kegagalannya mengangkat Spartak Moscow membuat karirnya di Rusia tak bertahan lama, dia dipecat. 2 bulan menganggur, tawaran datang untuk menangani Sevilla. Disinilah puncak kegemilangan karir Emery terjadi. 3 tahun berturut-turut Emery berhasil mengantarkan Sevilla menjuarai Liga Europa dengan skuad yang terbilang tidak terlalu mewah.

Setelah dari Sevilla, Emery pindah ke PSG. Dengan bekal dana melimpah, Emery diharapkan mampu membawa PSG bersaing di Eropa, namun sayang Emery gagal mempersembahkan trofi Eropa ke Paris sehingga dia dianggap gagal dan mengundurkan diri dari PSG.

Arsenal yang saat ini sedang dalam periode terburuk mereka setelah 2 musim berturut-turut gagal masuk ke Liga Champions berharap Emery bisa memperbaiki keadaan. Dengan pengalamannya membawa tim dengan kondisi sakit hingga berhasil berprestasi membuat manajemen Arsenal yakin Emery mampu membawa Arsenal meraih prestasi di masa mendatang. Mampukah Emery menaklukkan kerasnya Liga Inggris ?

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *