Press "Enter" to skip to content

Saudi Batasi Penggunaan Tenaga Kerja Asing!

  • 7
  •  
  •  
  •  
  •  
    7
    Shares
Saudization
Saudization, Pembatasan Tenaga Kerja Asing di Arab Saudi

Berdasarkan data resmi Arab Saudi, sekitar 785.000 pekerja asing di sejumlah sektor swasta telah kehilangan pekerjaan mereka dalam lima belas bulan terakhir semenjak awal tahun 2017.

Menurut data dari Organisasi Umum untuk Asuransi Sosial (GOSI), sejenis serikat yang mengurusi tenaga kerja, jumlah pekerja asing turun menjadi 7,71 juta orang pada akhir kuartal pertama tahun ini, dibandingkan dengan 8,495 juta orang pada akhir tahun 2016. Sebaliknya, jumlah pekerja asli Arab Saudi naik menjadi 1,76 juta pada akhir kuartal pertama tahun ini, dibandingkan dengan 1,68 juta pada tahun 2016, menurut Anadolu, sebuah lembaga terpercaya yang melakukan pencatatan statistik dan survey.


Penurunan jumlah tenaga kerja asing di Arab Saudi terkait dengan upaya pemerintah Saudi memperkuat jumlah tenaga kerja lokal dalam setiap sektor ekonomi semenjak dua tahun terakhir.

Baca juga: Pangeran Khalid serukan Kudeta!

Dengan tingkat pengangguran yang mencapai 12,8 persen, pemerintah Saudi berharap dengan kebijakan ini sektor-sektor ekonomi seperti seperti asuransi, komunikasi dan transportasi,dapat  diisi dengan lebih banyak tenaga kerja yang berasal dari penduduk asli.


Pemerintah Saudi juga akan membatasi pekerjaan untuk tenaga kerja asing di outlet untuk 12 bidang dan profesi. Sebagian besar lapangan pekerjaan  di sektor ritel akan diberikan ke tenaga kerja Saudi saja dan akan dimulai pada 11 September tahun ini.

Sumber: Middleeastmonitor.com

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *