Press "Enter" to skip to content

eKTP, di Bogor Tercecer, di Bekasi Duplikat?

  • 7
  •  
  •  
  •  
  •  
    7
    Shares
PDIP Korupsi
eKTP duplikasi juga ditemukan

Peristiwa tercecernya KTP elektronik atau eKTP di kawasan Bogor Jawa Baratmenjadi perhatian tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Ada yang menganggap hal itu sebagai kelalaian dan kecerobohan semata hingga bisa tercecer seperti itu. Namun demikian, tidak sedikit yang menganggapnya kurang wajar dan menghubungkan dengan tahun politik sekarang. Tentu saja peristiwa ini harus melibatkan aparat kepolisian untuk bisa menyelidikinya lebih lanjut.

Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh dalam program ILC tvONE menjelaskan bahwa peristiwa tercecernya eKTP tersebut saat akan dibawa ke gudang di kawasan Semplak, Bogor, Jawa Barat. Sementara itu, semua eKTP tersebut milik warga provinsi Sumatra Selatan. Semua eKTP yang dibawa ke gudang dalam kondisi rusak dan tidak bisa terpakai.

“Ini hanya kelalaian dan tidak ada kesengajaan. Sekarang, tinggal efek medianya saja,” tutur Zudan.

Zudan melanjutkan dengan menjelaskan ciri eKTP yang rusak dan tidak bisa dipakai. Mulai dari kerusakan fisik, seperti mengelupas, melengkung, dan foto pemiliknya tidak tercetak dengan baik. Selain kerusakan fisik, juga ada kerusakan nonfisik. Di mana kerusakannya di dalam chipnya yang mengakibatkan tidak bisa terbaca database di dalamnya. Nah, Zudan mengklaim semua eKTP yang tercecer di Bogor tersebut sudah rusak dengan kedua kriteria seperti itu. Jadi, masyarakat tak perlu menduga yang aneh-aneh tentang hal tersebut.

“Tapi yang tahu rusak adalah pertama pemiliknya. Kedua, database di dalam data center. Saya cek apa masalahnya, kita buka apa yang jadi persoalan. Bahwa tanggal lahirnya salah, dan kami tahu salah, kami buka dalam data center. KTP kemudian dikembalikan,” terangnya.

Meskipun penjelasan dari pihak Kemendagri yang berkaitan langsung dengan eKTP sudah jelas dan gamblang, tetapi masih ada pihak-pihak yang meragukannya. Dalam arti, mereka menduga-duga ada sesuatu yang tidak beres dengan peristiwa penemuan ceceran eKTP di Bogor ini. Salah satunya adalah Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil A Simanjutak. Dalam akun Twitter-nya di @Dahnilanzar, Dahnil menulis perihal peristiwa tersebut yang menurutnya aneh.

“Bergudang KTP ganda ditemukan, penelusuran pun dilakukan jurnalis. Dan deretan keanehan pun terkuak. Kebusukan pasti terbongkar,” tulis Dahnil.

Sumber : www.viva.co.id

https://mobile.twitter.com/dahnilanzar

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.