Press "Enter" to skip to content

Orang Utan Melawan Keganasan Buldozer!

  • 10
  •  
  •  
  •  
  •  
    10
    Shares
Perjuangan Orang utan ketika hutan tempat tinggalnya di musnahkan

Baru-baru ini di media luar beredar sebuah video berdurasi 30 detik menunjukkan perlawanan orangutan terhadap ganasnya Buldozer yang dikendalikan manusia ketika menghancurkan hutan-hutan tempat tinggalnya.

Video yang dilansir oleh news.sky.com ini berasal dari International Animal Rescue yang merekam kejadian ketika kawasan hutan luas di daerah Kalimantan Barat diratakan untuk kepentingan perkebunan skala raksasa.  Sementara ini belum ada laporan lebih lanjut mengenai peruntukan dan kepemilikan kawasan yang mengancam kelansungan satwa langka tersebut.

Berdasarkan penilitian dari The Nature Conservancy yang melaporkan hasil risetnya pada 13 November 2017 lau , setidak-tidaknya dalam 10 tahun terakhir, jumlah orang utan di pedalaman hutan kalimantan menyusut hingga 25 persen. Penyusutan jumlah tersebut terjadi akibat hilangnya hutan habitat utama mereka, konflik dengan manusia, perburuan liar, serta kebakaran hutan dan dampak perubahan iklim.

Maraknya pembukaan hutan di Kalimantan yang kemudian dikonversi sebagian besarnya menjadi lahan sawit menjadi ancaman serius bagi orang utan. Dalam sudut pandang bisnis dan mata kapitalis, orang utan sering dianggap hama yang membahayakan keberadaan  lahan sawit.

Seperti yang pernah dilaporkan oleh BBC, banyak penemuan bangkai-bangkai orang utan dalam kondisi tidak utuh. Mereka diburu, dibakar, dipenggal, dan disiksa hanya untuk menyelamatkan perkebunan kelapa sawit.

Sayangnya, meski kondisi satwa khas Indonesia ini sudah sangat terancam, belum ada tindakan tegas ataupun kebijakan yang bisa menghentikan ekspansi perkebunan sawit di Indonesia, khususnya di daerah Kalimantan.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.