Press "Enter" to skip to content

Apapun Profesi Anda, Pasti Butuh Matematika!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Matematika

Tidak sedikit diantara kita yang bertanya-tanya, “Mengapa pelajaran  matematika dimasukkan ke dalam kurikulum di semua jenjang pendidikan?” atau “Untuk apa mempelajari matematika sampai sedemikian detil sementara yang kita butuhkan hanya kemampuan KaBaTaKu (Kali Bagi Tambah Kurang)?”

Kalau hanya untuk menghitung gaji, dengan menguasai KaBaTaKu saja memang sudah cukup. Tapi pada prakteknya, ilmu matematika juga diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas di hampir semua profesi. Perlu bukti? Berikut ini beberapa jenis profesi yang membutuhkan penguasaan secara khusus ilmu matematika.

  • Arsitek

Sebagaimana kita tahu, pekerjaan seorang arsitek adalah membuat desain bangunan gedung, mulai dari gambar rancang bangunan berikut bagian-bagian yang terdapat di dalamnya, mengatur sistem jaringan listrik termasuk saluran pipa yang dibutuhkan, memilihkan jenis material, dan sebagainya, sehingga bangunan gedung dapat berdiri kokoh, aman, dan fungsional.

Ilmu matematika dibutuhkan oleh seorang arsitek untuk memindai gambar desain pada gambar cetak, sehingga gambar tersebut bisa dipakai oleh para pekerja konstruksi untuk diwujudkan menjadi bentuk bangunan nyata. Matematika juga dibutuhkan oleh arsitek untuk menghitung dan menganalisa struktur bangunan sehingga bangunan yang dirancang dapat berdiri kokoh dan stabil.

Untuk dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik, seorang arsitek harus menguasai ilmu matematika pada bidang statistika dan probabilitas, trigonometri, aljabar, kalkulus, serta program linear.

  • Astronot

Robert L. Stewart, salah seorang astronot NASA menyampaikan bahwa para astronot dilatih lewat spaceflight program atau program penerbangan luar angkasa, agar menjadi awak pesawat luar angkasa yang bertugas untuk menjalankan dan mengatur pesawat, serta melayani awak pesawat yang lain. Stewart menambahkan bahwa disaat astronot terbang ke luar angkasa untuk menjalankan misi, hal tersebut bisa terlaksana karena menggunakan perhitungan matematis yang dilakukan dengan tepat dan akurat, mulai dari saat meninggalkan atmosfir bumi, hingga saat mengoperasikan pesawat.

Tidak hanya para astronot, mereka yang mendesain pesawat luar angkasa juga memanfaatkan ilmu matematika untuk menghitung jarak dan kecepatan, kekuatan, serta sisi fungsionalitas dari pesawat seperti pada saat membuat faring pesawat, agar keselamatan astronot dapat telindungi.

Ilmu matematika yang harus dikuasai oleh para astronot dan pendesain pesawat luar angkasa tersebut meliputi bidang aljabar, aljabar linear, kalkulus, trigonometri, juga persamaan diferensial.

  • Animator

Animator atau pekerja seni yang biasa membuat gambar-gambar bergerak/animasi untuk pembuatan film, program televisi, games, internet, dan sebagainya, harus menguasai sejumlah bidang matematika terapan untuk bisa mengerjakan tugas-tugasnya. Misalnya untuk membuat objek bisa diperbesar dan diperkecil atau bisa diputar serta digeser, maka dia harus menggunakan aljabar linear.

Kemudian untuk dapat mengetahui sebuah set persamaan atau disaat berurusan dengan objek-objek yang bergerak serta berubah, dia harus menguasai bidang geometri. Selain itu, ilmu matematika lainnya yang harus dikuasai adalah trigonometri, aljabar, geometri, serta kalkulus.

  • Analis Riset Pasar

Mengumpulkan data dan informasi tentang animo masyarakat terhadap sebuah produk, membantu perusahaan mengetahui jenis produk yang diinginkan pasar berikut bentuk kemasan dan kisaran harganya, membantu proses distribusi produk, dan segala-sesuatu yang berhubungan dengan produk dan konsumen, menjadi tugas dari seorang analis riset pasar.

Untuk dapat mengerjakan tugas-tugasnya dengan baik, penguasaan ilmu matematika mutlak dibutuhkan oleh seorang analis riset pasar. Diantaranya, untuk menganalisa harga dan penjualan, mendata para kompetitor, melakukan analisa data statistika penjualan, dan tugas-tugas lainnya.

Bidang matematika yang harus dikuasai seorang analis pasar diantaranya adalah: kalkulus, aljabar, ekonometri, geometri serta statistika. Selain ilmu matematika, analis riset pasar juga harus menguasai ilmu komputer, desain survey, serta teori sampling.

  • Analis Forensik

Seorang analis forensik biasanya bekerja membantu pihak yang berwajib untuk mengungkap kasus-kasus kriminal. Kemampuannya dalam menganalisis genetis sidik jari, melakukan analisa kimia dalam bentuk narkoba, racun dan sebagainya, juga keahliannya dalam menganalisa pola darah untuk mengungkap kronologi kejahatan, sangat dibutuhkan pihak yang berwajib.

Selain perangkat komputer, penguasaan ilmu matematika sangat dibutuhkan seorang analisis forensik, karena ilmu matematika akan membantunya dalam menentukan bentuk struktur darah yang bisa dijadikan pijakan dalam penyelidikan kasus di tahap berikutnya.

Bidang matematika yang harus dikuasai seorang analis forensik diantaranya adalah: geometri, statistika, aljabar, trigonometrim serta kalkulus.

Selain kelima profesi di atas, masih banyak profesi-profesi lain yang membutuhkan keahlian khusus di bidang matematika, tentunya bukan untuk sekedar menghitung gaji, tapi untuk membantu mengerjakan tugas-tugasnya. Bahkan jika dicermati, hampir semua profesi butuh ilmu matematika! (*)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *