Press "Enter" to skip to content

Alasan Dibalik Hubungan Mesra Amerika dengan Israel

  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares


Sejak awal berdirinya negara Israel. Israel telah melakukan banyak pelanggaran. Pelanggaran-pelanggaran tersebut bebas dari tuntutan hukum Internasional. Lantas mengapa Israel seperti orang kebal tidak mempan senjata apapun, satu alasan yang paling kuat adalah, karena adanya dukungan dari AS. Amerika serikat sebagai kekuatan ekonomi dunia berkontriusi besar dalam berbagai kebijakan agresi Israel atas Palestina. Hubungan Amerika dengan Israel sudah terbangun sejak lama, bahkan sejak pertama berdirinya Negara Israel 14 Mei 1948, Amerika Serikat melalui Presiden Truman merupakan negara pertama yang memberikan dukungan sekaligus membuka hubungan diplomatik dengan Israel.
Lalu apa alasan dibalik hubungan mesra Amerika dengan Israel? Berikut beberapa alasannya.

Yahudi Kekuatan Amerika
Jumlah Yahudi di AS hanya 2 persen dari jumlah total penduduk Amerika. Kendati sangat sedikit, hampir setengah dari jumlah miliarder Amerika adalah Yahudi. Mereka mengusai perekonomian Amerika bahkan dunia. Organisasi-organisasi Yahudi di Amerika sendiri sangat serius dalam penggalangan dana untuk membantu Israel, sekaligus mendonasikan miliaran dolar untuk kepentingan politik pro Israel.

Minyak
Sebagai negara Industri, kebutuhan minyak Amerika sangat tinggi. Minyak adalah penggerak mesin-mesin industri di Amerika. Selain itu minyak adalah komoditas yang sangat mahal didunia. Harganya bisa mencapai USD 79,44 per barel. Timur tengah sebagai kawasan yang kaya minyak menjadi sasaran sentral kebijakan luar negeri Amerika. sebagai bukti, saat ekspansi AS ke Irak tahun 2003 lalu, 80 persen minyak Irak di ekspor oleh perusahaan asing bekerjasama dengan kedutaan Amerika di Bagdad. Sementara Israel adalah rekan kerjasama paling strategis karena berada tepat di antara negara-negara timur tengah dan sama-sama mempunyai kepentingan.

Penjualan Senjata
Kerjasama dengan Israel memudahkan Amerika melakukan ekspansi bisnis ke Timur Tingah. Ketegangan wilayah tersebut menguntungkan Amerika sebagai produsen senjata nomer satu di dunia. Sebuah sumber menyebutkan Amerika menguasai 57,9 persen dari seluruh penjualan senjata global dengan nilai mencapai 217, 2 miliar dolar AS.

Islamophobia
Tidak diragukan lagi eksistensi negara Amerika dan Israel sebagai negara anti Islam. Serangan 11 September yang menggemparkan AS sebagai titik landasan kebijakan luar negeri Amerika khususnya terhadap negara Muslim. Islam sering diasosiasikan sebagai agama teroris. Muslim travel ban atau larangan muslim masuk Amerika sebuah kebijakan presiden Donald Trump semakin menguatkan dugaan Amerika sangat membenci Islam. Sementara Israel sendiri mempunyai kepentingan atas tanah Palestina, yang secara demografi berpenduduk Muslim.
Demikian beberapa alasan kenapa hubungan Amerika dan Israel sangat mesra. Tentu banyak alasan-alasan lainnya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.