Press "Enter" to skip to content

Kapal Hantu Berbendera Indonesia Ditemukan Di Samudera Hindia!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Kapal bernama Sam Ratulangi PB 1600 terlihat di sebuah gundukan pasir oleh nelayan dari sebuah desa di Myanmar.

Sebuah kapal yang hilang pada tahun 2009 di Samudra Pasifik secara misterius muncul kembali di Samudra Hindia minggu lalu. Orang-orang menyebutnya kapal hantu. Penjelasan langsung telah diteruskan tampaknya hanya merupakan upaya untuk meredam spekulasi kapal hantu tersebut.

Kapal yang berlayar tanpa awak tersebut terakhir terlihat di lepas pantai Taiwan pada tahun 2009. Ketika terakhir kali terlihat, kapal itu mengibarkan bendera Indonesia. Kapal itu berlayar dari Taiwan, tetapi semua kontak dengan kapal itu hilang sembilan tahun yang lalu. Pihak berwenang di negara-negara pesisir percaya bahwa kapal itu hilang ke lautan luas.

Tapi, kapal bernama, Sam Ratulangi PB 1600, tiba-tiba muncul kembali di selatan Myanmar di Samudera Hindia pada 30 Agustus. Itu terlihat oleh beberapa nelayan dari desa Myanmar yang disebut, Thama Seitta. Para nelayan melihat kapal tersebut kandas di sebuah gundukan pasir sekitar 11 km di lepas pantai.

Para nelayan mencoba memasuki kapal hantu tetapi tidak menemukan seorangpun diatasnya. Kapal itu kosong. Mereka memberi tahu polisi disekitar pesisir pantai. Angkatan Laut Myanmar pun diberitahu. Para pejabat memeriksa kapal dan tidak tahu dari mana kapal ini berasal.

“Tidak ada awak atau kargo yang ditemukan di kapal. Itu cukup membingungkan bagaimana kapal besar muncul di perairan kami,” kata Myanmar Times mengutip U Ne Win Yangon, seorang anggota parlemen Myanmar.

Surat kabar itu juga mengutip sekretaris jenderal Federasi Independen Pelaut Myanmar, U Aung Kyaw Linn yang mengatakan bahwa kapal itu masih dalam kondisi berjalan. Linn berkata, “Menurut pendapat saya, kapal itu baru saja ditinggalkan. Pasti ada alasannya (mengapa itu ditinggalkan).”

Laporan mengatakan bahwa kapal hantu itu memiliki panjang 177,35 meter dan lebar 27,91 meter. Kontainer berat 26.510 ton dan dibangun pada tahun 2001.

Beberapa laporan lain dari Myanmar mengatakan bahwa penampakan misterius kapal hantu telah menemukan jawabannya. Menurut sebagian laporan, ada  yang mengklaim bahwa kapal itu dimaksudkan untuk dibongkar di sebuah pabrik pembuat kapal di pelabuhan Chittagong di Bangladesh. Namun, kapal tersebut terlepas dari pabrik pembuat kapal dan melayang menuju Myanmar.

Namun, belum ada penjelasan tentang bagaimana kapal yang terakhir kali ditemukan pada 2009 di lepas pantai Taiwan berakhir di pabrik pembuat kapal Chittagong. Misteri tentang kapal hantu tetap tidak terjawab.

Menariknya, banyak kapal dan kapal yang tidak terduga ditemukan di perairan Asia. Beberapa dari mereka ditemukan tanpa ada yang naik sementara beberapa yang lain memiliki mayat ketika kapal-kapal ini ditemukan. Pada tahun 2015, 11 kapal kayu terlihat di Laut Jepang. Beberapa perahu itu kosong dan rusak, sementara beberapa yang lain ditemukan sejumlah mayat yang berjumlah puluhan.

Sumber: IndiaToday

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *