Press "Enter" to skip to content

Christiano Ronaldo, Transfer Terbaik Dalam Sejarah Sepakbola!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Christiano Ronaldo, Sejarah Rekor Transfer Terbaik Sepakbola!

Ronaldo efek, gairah sepak bola Italia!

Pada musim 2017/2018 secara keseluruhan Juventus memenangkan 30 dari 38 pertandingan, mencetak 86 gol dan hanya kalah tiga kali.  Satu kekalahan mereka yang epic ketika tendangan salto Ronaldo menghempaskan ambisi Juve merebut tropi piala Champion. Namun 100 juta euro kemudian, Ronaldo menemukan ambisi barunya bersama Juventus untuk menjadi yang pertama di sejarah sepakbola,  pemegang tiga mahkota liga terbaik di dunia. Liga Inggris, Liga Spanyol, dan Liga Itali.

Ronaldo mengatakan di awal musim, “Usia tidak penting. Saya merasa baik, saya memiliki motivasi (untuk meraih segalanya).”

Sejauh ini ia telah membuktikannya, menjaringkan bola sembilan kali yang membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak liga Italia saat ini.

Kepindahan Ronaldo bergabung dengan Juventus telah memberikan dampak yang sangat kuat. Namun seberapa besar efek pemain Protugal berusia 33 tahun tersebut di Seri A-Itali?

Pembuktian di lapangan dan di luar lapangan!

Ronaldo telah menjadi bagian ikonik terbesar Juventus yang pernah ada. Namun di luar lapangan ia juga memberikan dampak besar pada media sosial, penjualan tiket, dan rating hak siar. Petualangannya di Italia telah dimulainya dengan memecahkan beberapa rekord. Dan ini akan berlangsung terus sebagaimana dengan yang pernah ia lakukan selama di Spanyol.

Efek yang dimiliki oleh Portugis Internasional di lapangan cukup jelas. Selama akhir pekan, Juventus mengalahkan tim AC Milan 10-orang dengan Ronaldo mencetak gol kedua dari pertandingan kesembilan musim ini. Kemenangan ini memperpanjang awal sempurna Juve menjadi 12 pertandingan tak terkalahkan dengan hanya 1 hasil imbang.

Meskipun memiliki start yang luar biasa, ledakan gol Juventus tahun ini masih kurang 4 gol dibanding tahun lalu pada perioda yang sama. Bisa saja, menjadi sebuah kebetulan hal ini juga termasuk efek dari Ronaldo. Real Madrid juga menghasilkan 4 gol lebih sedikit saat pemain Portugal tersebut masih bermain tahun lalu dibandingkan dengan pencapaian mereka sebelumnya.

Ini dia Efek Ronaldo!

Pertama, bagi Real Madrid, efek (kepindahan) Ronaldo, membuat tim ibukota Spanyol tersebut tidak lagi menjadi sebuah tim yang berbahaya. Klub-klub lawan kini bisa lebih fokus dan percaya diri mengorganisir penyerangan tanpa harus khawatir dengan lini pertahanan mereka.  Los Blancos telah kebobolan 14 dalam 10 pertandingan pertama mereka musim ini tahun ini; ‘Efek Ronaldo’ begitu terasa.

Kedua, sebagai pemain modern era milenial, Efek Ronaldo juga merambah sosial media.  Juventus memimpin seluruh dunia olahraga di YouTube dengan 36,3 juta pemutaran video pada bulan Juli, 11,9 juta lebih dari Real Madrid. Tapi mungkin yang paling mengejutkan adalah pada bulan Juli 2018, Juventus telah memiliki 18,3 juta viewers, hampir dua kali lipat jumlah pemutaran video YouTube yang mereka miliki dalam enam bulan pertama tahun ini antara Januari dan Juni. Semua karena Ronaldo!

Selanjutnya, dengan total 14,4 juta pengikut, Juventus telah melampaui PSG untuk menjadi klub sepakbola paling banyak ditonton di Instagram. Sebagai perbandingan, hanya 14 klub di dunia yang memiliki lebih dari 4 juta pengikut di Instagram, hal yang dengan mudah dicapai seorang Cristiano Ronaldo hanya dalam waktu sebulan.

Sangat mudah untuk mengatakan bahwa investasi 100 juta euro guna memindahkan pemain Portugis ini telah menguntungkan Juve di dalam dan di luar lapangan.

‘Efek Ronaldo’ akan lebih jelas  lagi ketika menonton kehadiran dan tampilan di TV. Sky Italia menunjukkan peningkatan signifikant sejumlah 68% pada pertandingan pembukaan musim lalu, ketika Juventus menjamu Cagliari. Sekitar 2,330,234 jumlah pemirsa menyetel televisi hanya untuk melihat pria senilai 100 juta euro tersebut sedang beraksi.

Jumlah Penonton Juventus Meningkat, Real Madrid mengalami penurunan penonton dalam 9 tahun terakhir!

Sementara itu, jumlah penonton La Liga menurun dan memiliki tingkat kehadiran terendah dalam sembilan tahun di Santiago Bernabeu. Pada pembuka musim, tanpa Ronaldo, Real Madrid menarik hanya 48.446 penonton meskipun kapasitas stadion 81.044.

Sepertinya, Juventus tampaknya akan memecahkan rekor lebih banyak, karena sudah diledaki dengan awal yang sempurna, terbaik semenjak 88 tahun terakhir. Ronaldo sendiri tidak sabar untuk pertama kalinya menjadi pemain pertama yang memenangkan Seri A, La Liga dan EPL.

Meskipun mengalami kekalahan mengejutkan dari Manchester United, Juventus masih tetap menjadi salah satu favorit untuk memenangkan Liga Champions tahun ini. Rekor Ronaldo menjadi enam gelar, dan akan kita lihat apakah ia akan memenangkan Liga Champions di tiga klub berbeda.

Jika ada yang mengira Ronaldo pindah dari Madrid ke Turin menjadi awal dari akhir karirnya, mereka harus berpikir lagi. Christiano Ronaldo, dengan usia 33 tahun, telah menjadi salah satu transfer terbaik dalam sejarah sepakbola.

Sumber: sportskeeda.com

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.