Press "Enter" to skip to content

Pemerintah AS Siapkan Strategi Untuk Hadapi Politik Predator China di Afrika!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Perayaan Pembukaan Base Militer China di Djibouti 2017

Politik predator Cina di Afrika membuat negara adidaya Amerika Serikat berang. Ditengah meningkatnya tensi perang dagang yang telah dimulai awal tahun 2018 ini, Amerika Serikat juga tidak ingin pengaruhnya di negara-genara benua Afrika kalah dominasi dari Cina.

Namun John Bolton, seorang penasihat keamanan nasional Amerika Serikat 13 Desember lalu mengatakan AS akan mengeluarkan strategi guna meredam praktik politik predator Cina di benua hitam tersebut.

Baca juga: China siap ambil alih aset strategis nasional jika gagal bayar hutang!

Bolton mengatakan, China menggunakan politik suap, perjanjian yang tidak transparant, dan strategi investasi utang yang membuat pemimpin-pemimpin negara tersebut tidak berdaya menghadapi permintaan dan keinginan pemerintah Beijing.

Strategi baru pemerintah AS yang dinamai “Prosper Africa” berupa pemilihan mitra kerja di Afrika secara hati-hati dan mendorong pemimpin-pemimpin negara di Afrika untuk memilih proyek-proyek investasi asing yang berkualitas tinggi, transparan, inklusif, dan berkelanjutan. Strategi ini diharapkan disamping bisa membuat negara-negara tersebut lebih berhati-hati dalam menerima setiap investasi asing, juga akan meredam pengaruh ekonomi dan politik China di kawasan benua hitam tersebut.

China pada tahun 2013 telah melancarkan sebuah ambisi besar “Belt and Road” yang bertujuan untuk membangun jaringan infrastruktur yang menghubungkan negeri tirai bambu itu melalui darat dan laut ke Asia Tenggara, Asia Tengah, Timur Tengah, Eropa, dan Afrika.

Pada 2017 lalu, Beijing membuka pangkalan militer luar negerinya yang pertama di negara kecil Djibouti, sebuah negara yang juga dikhawatirkan harus menyerahkan aset-aset strategisnya ke China karena terlilit hutang yang mencapai 88% GDP negara tersebut.

Sumber: www.rferl.org  dan foreignpolicy.com

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *