Press "Enter" to skip to content

Serikat Pekerja Industri Besi dan Baja Jerman Tuntut Kenaikan Upah 6% Tahun 2019!

  • 6
  •  
  •  
  •  
  •  
    6
    Shares
Source: “Uwe Hiksch” Under Creative Commons license (illustrasi foto IGMetall)

Dewan komisi Serikat Pekerja Industri Besi dan Baja (IG-Metall) yang meliputi semua aspek industri di bidang rekayasa mekanik, elektronik, dan komputer baik yang bergerak di otomotif, kereta api atau ruang angkasa, telah memutuskan untuk memulai kembali perundingan menentukan kenaikan tarif gaji karyawan.

Para karyawan magang juga diusulkan untuk mendapatkan kenaikan ekstra. Upah yang mereka terima juga harus lebih tinggi dari pada kenaikan normal yang diusulkan.

Disamping itu, IG Metall juga menuntut kenaikan tunjangan liburan tahunan sejumlah 1800 EURO untuk karyawan tetap dan 600 EUR untuk karyawan magang. Tunjangan ini akan dibayarkan tiap tahun dan mendapatkan kenaikan yang setara secara prosentual dengan kenaikan gaji pokok.

Baca juga: Tarif Gaji Karyawan Industri Besi dan Baja di Jerman Tahun 2018  Naik!

Disamping tuntutan kenaikan upah karyawan, IG Metall juga menuntut perpanjangan kontrak kerja sebagai jaminan kepastian kerja, aturan pensiun, dan juga perbaikan kontrak pekerja outsourcing.

Sepanjang 2018 Jerman Mengalami Pertumbuhan Ekonomi Positif

Selain itu IG Metall juga mengangkat tema tentang dual-studi, sebuah program yang memungkinkan mahasiswa tingkat akhir di Jerman untuk mendapatkan sponsorship dari industri selama berkuliah dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.
Saat ini peraturan tarif dan kontrak kerja dual-studi umumnya tidak memiliki aturan yang baku karena statusnya yang berbeda dibandingkan karyawan tetap di perusahaan.

Pada tanggal 10 Januari 2019 nanti, perundingan bersama untuk industri besi dan baja untuk IG Metall Northwest dimulai. Sidang pertama untuk Jerman bagian Timur dijadwalkan pada 28 Januari 2019 mendatang. Sementara di daerah Saarland, akan dimulai bulan Maret 2019.

Sebuah perundingan yang panjang yang melibatkan serikat pekerja, industri pemberi kerja, serta pemerintah akan kembali bergulir tahun depan.

Sumber: IGMetall.de

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *