Press "Enter" to skip to content

Bekerja di Jerman: Haruskah Menuliskan Gaji Yang di Minta di CV?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Haruskah menuliskan gaji yang diminta dalam Curriculum Vitae?

Menuliskan jumlah gaji yang diminta di dalam cv ketika mengirimkan sebuah lamaran bukanlah sebuah keharusan, kecuali jika perusahaan yang bersangkutan menyatakannya secara eksplisit. Mereka memerlukannya untuk melakukan filter massal terlebih dahulu berdasarkan permintaan gaji, sebelum melakukan screening berikutnya. Hal ini sah-sah saja dilakukan, sebab perusahaan juga memiliki budget tertentu yang harus dikeluarkan pertahun untuk bisa mempekerjakan seseorang.

Jika anda memang diharuskan untuk menuliskan jumlah gaji, tentu timbul banyak pertanyaan dan kegelisahan. Berapa yang harus saya tuliskan? Apakah tidak terlalu tinggi? Atau apakah tidak terlalu rendah? Bagaimana standard gaji di Jerman untuk kualifikasi seperti saya, misalnya seorang master engineer dengan latar belakang mekatronik/informatik/mesin?

Berikut ini akan dituliskan beberapa kiat yang bisa membantu!

Kenali, Apakah perusahaan tersebut terikat dengan misalnya, IG Metall, atau tidak?

Umumnya industri-industri terikat kontrak dengan IG Metall, sebuah serikat buruh untuk industri besi dan baja. IG Metall ini meliputi semua jenis industri yang bersentuhan dengan bidang rekayasa elektronika, informatik dan mekanik. Industri tersebut bisa saja berupa transportasi darat, laut, dan udara, instrumentasi kedokteran, peralatan rumah tangga, dan software. IG Metall menetapkan standard gaji untuk setiap negara bagian dengan melakukan pengelompokan (EG /Entgeltgruppe)

Baca juga: Ini kiat-kiat melamar pekerjaan di Jerman!

Nah, jika perusahaan yang anda lamar tidak memiliki keterikatan dengan IG Metall, anda tidak akan pernah tahu berapa standard gaji karyawan perusahaan tersebut, kecuali dengan informasi orang dalam. Sebagai tambahan, kelemahan bekerja dengan perusahaan yang tidak memiliki perjanjian denngan IG Metall salah satunya adalah kenaikan gaji tiap tahun yang selalu dilakukan individual dengan atasan. Anda harus pandai-pandai negosiasi. Perhatikan selalu berapa laju inflasi dan keuntungan perusahaan. Disini anda akan bisa menentukan berapa persen kira-kira kenaikan gaji yang diminta untuk tahun berikutnya.

Ini contoh gaji per Januari 2018 berdasarkan berbagai sumber yang berhasil dikumpulkan.

PendidikanUmurPengalamanBidang PekerjaanTipe IndustriJumlah Tenaga KerjaJam Kerja/MingguGaji (€)
B.Sc Technische Informatik 27<2 tahunAutomatisierungstechnikMaschinenbau/ Niedersachsen~60040 jam48k/th
Msc. Elektrotechnik29HiwiEmbedded SystemElektronikentwicklung/ Bayern~50.00040 jam54k/th
Dipl.Ing Elektrotechnik3811 tahunEmbedded SystemSoftware/ Nordrhein-Westfalen~50040 jam85k/th + bonus
Bsc. Elektrotechnik297 tahunHardware DeveloperHardware/ Bayern~10040 jam65k/th
M.Sc. Mechatronik26Praktikas, WerkstudentDigital System DesignAutomotive/ Baden Württemberg~50038.5 jam54k/th
Dipl.Ing Elektrotechnik367 tahunSoftware DeveloperMedizintechnik/ Bayern>50035 jam70k/th
M.Sc. IT Sicherheit324 + HiwiR&D, BeratungIT Consulting/Nordsee~30.00037,5 jam74k/th
M.Sc. Informatik305 tahunJava Developer- /Rhein-Neckar~200'Vertrauensarbeitszeit'65k/th

Kenali, Skill dan Kualifikasi Anda!

Lakukan SWOT analysis pada diri anda sendiri. Jujur dalam menuliskan keahlian di CV, sebab jika anda dipanggil wawancara bisa jadi hal tersebut akan ditanyakan. Pada sesi wawancara bukan hanya HRD yang akan hadir. Calon atasan anda, yang akan mengajukan perekrutan akan datang, dan biasanya pertanyaan-pertanyaan seputar teknik akan dilemparkan. Bukan tidak mungkin anda akan diminta memperagakan sesuatu.

Misal, anda menuliskan keahlian di bidang MatLab/Simulink. Jangan heran, jika anda akan ditanyakan dengan pemodelan, state space, atau bahkan diminta memperagakan keahlian anda dengan memberikan waktu 15 menit untuk memodelkan sebuah sistem.

Keahlian anda adalah aset. Siapkan dari sekarang!

Ingat, Tuliskan Gaji Pertahun Di CV

Jika anda telah mengetahui berapa standard gaji yang diminta berdasarkan skill dan kualifikasi, maka berikutnya berapakah yang harus dituliskan di cv? Biasanya orang Jerman berbicara gaji pertahun, bukan perbulan. Namun gaji pertahun tersebut bukanlah gaji perbulan dikali dua belas. Karena akan ada nanti Urlaubsgeld (tunjangan libur) dan Weihnahgeld (tunjangan hari raya natal). Jadi biasanya kalikan dengan faktor tiga belas.

Jangan lupa, setiap negara bagian memiliki standard gaji yang berbeda. EG 10 untuk daerah Bayern tidak akan sama dengan EG 10 untuk daerah Baden Württemberg!

Jangan lupa juga, buat dalam kurung “plus boni”, artinya jika perusahaan memberikan bonus tahunan jikalau surplus maka anda juga akan mendapatkan sedikit cipratan keuntungan perusahaan.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.