Press "Enter" to skip to content

Menjelajah Pulau Komodo yang Menakjubkan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Komodo

Menjadi salah satu dari New Seven Wonders of Nature bersama Hutan Amazon, Air Terjun Iguazu, Teluk Halong, Pulau Jeju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, dan Table Mountain, menjadi alasan yang lebih dari cukup untuk datang berkunjung ke Pulau Komodo.

Pulau yang oleh UNESCO ditetapkan sebagai situs warisan dunia pada tahun 1986 ini memiliki daya tarik yang tidak dimiliki oleh tempat manapun di seluruh dunia, karena pulau ini merupakan habitat asli binatang prasejarah yang masih tersisa, yakni komodo yang saat ini diperkirakan masih tersisa sekitar 2000 ekor.

Komodo adalah binatang pemakan daging yang bentuknya mirip kadal dengan panjang sekitar 2 – 3 meter dan berat mencapai 165 kg. Meskipun binatang ini memiliki bentuk yang menyeramkan dengan tubuh bersisik, kuku yang tajam dan lidah yang bercabang dua, namun wisatawan yang datang ke pulau ini tidak perlu takut, karena mereka akan ditemani jagawana yang juga merangkap sebagai pawang. Selama mematuhi semua petunjuk dari pemandu, wisatawan dipastikan akan aman.

Menuju Pulau Komodo

Untuk menuju ke Pulau Komodo tidaklah sulit karena setiap hari tersedia 2 – 3 penerbangan dengan tujuan Bali – Labuan Bajo atau sebaliknya, dari bandara Pulau Komodo – Bali yang memakan waktu sekitar 1,5 jam. Perjalanan juga bisa dilakukan melalui bandara Kupang, hanya saja dari sini hanya ada 2 kali penerbangan dalam satu minggu.

Jika perjalanan dilakukan lewat laut, tersedia kapal PELNI dari Bali ke Lombok, serta perahu motor yang menghubungkan antar pulau yang ada di Nusa Tenggara Barat. Sedang untuk transportasi darat yang terdekat adalah dari Timur yakni dari dataran utama Flores seperti Bajawa, Ruteng, Ended an Maumere. Untuk perjalanan darat dari Barat yang jaraknya lebih jauh dapat dimulai dari Maumere, Moni, Bena, hingga terakhir Labuan Bajo yang ada di Pulau Komodo.

Daya Tarik Pulau Komodo

Bukan hanya keberadaan hewan komodo saja yang menjadi daya tarik kepulauan yang menjadi bagian dari Taman Nasional Komodo, tapi juga suguhan keindahan alamnya. Dengan luas area 1.817 km2, Taman Nasional Komodo terdiri dari pulau-pulau kecil  serta 3 pulau utama, yaitu Pulau Komodo, Padar dan Rinca. Luas tanah dari pulau-pulau tersebut jika ditotal sekitar 603 km2.

Salah satu daya tarik dari Taman Nasional Komodo adalah biota bawah lautnya yang menakjubkan. Banyak penyelam yang berpendapat bahwa perairan Komodo adalah salah satu tempat diving terbaik di dunia. Di surge bawah laut ini dapat ditemukan 385 spesies karang dengan bentuk-bentuknya yang menawan, hutan mangrove, serta rumput laut yang menjadi tempat tinggal bagi ribuan spesies ikan, 70 jenis bunga karang, 6 macam paus, 10 jenis lumba-lumba, berbagai jenis hiu, ikan pari, penyu hijau dan makhluk laut lainnya.

Jernihnya Air di Pantai Pulau Komodo

Menikmati Pulau Komodo

Banyak hal yang dapat dilakukan di Pulau Komodo, salah satu yang wajib tentunya adalah melihat komodo di habitat aslinya dari jarak dekat dengan ditemani pemandu. Di Pulau Rinca, jika sedang beruntung wisatawan dapat melihat komodo-komodo yang berbaring di sekitar rumah penjaga taman nasional. Jika tidak, maka terpaksa harus berjalan menyusuri pulau untuk dapat menemukan sisa binatang purba ini.

Selama menjelajah pulau Rinca inilah, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam yang indah  dengan padang rumput savannah serta hutan mengrove, juga pemandangan laut yang memukau lewat pantai yang airnya berwarna biru jernih dan berpasir putih.

Wisatawan juga dapat berlayar dengan menggunakan perahu bersama para nelayan, atau melakukan aktifitas diving dan snorkeling di beberapa titik penyelaman yang ada di Taman Nasional  Komodo, seperti Pantai Merah, Pulau Tatawa, dan Batu Bolong.

Pantai Merah di Taman Nasional Pulau Komodo

Untuk wisatawan yang berlayar dengan perahu, jika beruntung akan dapat menyaksikan sekelompok lumba-lumba yang tanpa merasa takut berenang dan bermain di sekitar perahu, atau melihat paus dan penyu hijau yang tengah berenang di sekitar perairan.

Di Pantai Merah, tersaji  permandangan pantai yang indah dengan pasirnya yang berwarna merah muda. Pantai yang warna pasirnya berubah menjadi merah muda disaat tersapu ombak, hanya ada di tujuh tempat di seluruh dunia, salah satunya di Taman Nasional Komodo.

Bagi mereka yang melakukan diving, akan dapat menyaksikan surga bawah laut berupa terumbu karang yang dihuni berbagai jenis ikan hias dengan warna-warna yang memukau seperti clown fish, butterfly fish, atau bath fish. Bahkan kawasan bawah laut di Taman Nasional Komodo ini memiliki sekitar 1000 species ikan, 70 spesies sponge, dan 260 spesies terumbu karang.

Untuk memanjakan para wisatawan, sejumlah fasilitas telah disediakan oleh PT Putri Naga Komodo selaku manajemen Taman Nasional Komodo, seperti  restoran, wisma penginapan, dan sarara transportasi berupa perahu motor. Sejumlah toko cenderamata yang menjual kaos bergambar komodo serta patung komodo dari kayu juga dapat dijumpai di Loh Niang yang merupakan nama lain dari Pulau Komodo. (AGK)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.