Press "Enter" to skip to content

Ini 5 Teknik Menulis Artikel Untuk Pelajar dan Mahasiswa!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Menulis Artikel Bukan Sesuatu Yang Sulit Jika Mengerti Tekniknya!

Bagi kamu para pelajar dan mahasiswa, terkadang menulis artikel menjadi sesuatu yang menakutkan. Kenapa? Biasanya kamu punya ide banyak yang berenang-renang dalam kepala, hanya saja kamu tidak tahu menuliskannya atau bahkan bagaimana memulainya.

So, pegang ini baik-baik: Menulis artikel yang bagus membutuhkan dua hal, yaitu konten bagus dan teknik yang baik. Konten yang bagus kebanyakan orang bisa membuat atau mengutarakannya. Tetapi jika tidak didukung dengan teknik penulisan yang hebat, seringkali hal ini akan menghancurkan ide artikel yang bisa jadi luar biasa.

Perhatikan baik-baik saran berikut ini.

Lupakan semua penghalang untuk memulai penulisan!
Tulis ide artikel kamu diatas sebuah kertas, atau dengan notepad. Lupakan masalah grammatik. Lupakan tanda baca. Biarkan ide kamu mengalir tanpa kamu harus takut apakah kalimatnya sudah benar, tanda baca yang kurang, apapun itu. Biarkan jari-jemari kamu menari-nari di atas keyboard, lepaskan semua ide di benak kamu melalui guratan-guratan pena di atas kertas.

Jangan ragu untuk melakukan coretan. Jangan takut kalau hasil tulisan kamu terlihat semrawut. Karena memang itulah tujuannya. Menuangkan isi kepala dalam bentuk ‘tulisan ide’.

Ambil waktu rehat sejenak, sebelum membaca ulang tulisan sebelumnya!
Pikiran dan tenaga kamu perlu disegarkan dulu setelah bekerja keras berkonsentrasi menuangkan ide tulisan. Berapa lama? Setidak-tidaknya ambil kegiatan lain yang membuat kamu melupakan sejenak ide-ide tersebut. Bagi mahasiswa, bisa diisi waktunya dengan memasak indomie di dapur. Bagi pelajar, bisa dengan dengerin musik atau ngobrol santai dengan keluarga.

Setelah itu, baca lagi ‘tulisan ide’ tersebut. Baca hingga akan terasa ada ruang-ruang yang bisa ditambah atau dikurangi supaya tulisan tersebut terasa mengalir alami.

Kembangkan ide tulisan perlahan-lahan!

Ketika kamu merasa semua ide telah tertuangkan lewat tulisan, mulailah untuk mengembangkannya. Paragraf pertama adalah kunci pembuka. Biasanya banyak orang akan tersangkut diparagraf awal ini. ‘Where do i start?’

Jangan ragu, buat saja kalimat yang sederhana sebagai pembuka. Jangan terpaku dengan pakem-pakem pembuka ‘pada suatu hari‘.   Cukup dua hingga kalimat saja sebagai pembuka paragraf. Setelah itu biarkan mengalir sesuai dengan ide dasar pada point tertama diatas.

Bikin paragraf yang pendek dengan kalimat sederhana dan hapus kata yang tidak perlu!

Paragraf yang terlalu panjang akan membuat mata cepat lelah dan pembaca jadi cepat bosan.  Buat paragraf yang pendek dan menarik. Hal ini akan membuat pembaca tergoda untuk membaca paragraf hingga akhir dan beralih ke paragraf berikut.

Terkadang saat menuliskan artikel ada banyak kata-kata yang secara tidak sadar digunakan dan membuat kalimat menjadi panjang. Bebaskan pikiran kamu dengan mengambil waktu istirahat sejenak. Kamu bisa bermain bola, ping-pong atau kegiatan olah raga lain. Ingat jauhi gadget karena hanya akan membuat lelah mata. Bermain gadget tidak akan membuat pikiran segar!

Setelah kamu segar, segera kembali ke meja dan baca lagi tulisannya. Kamu akan menemukan banyak kata-kata yang tidak perlu. Jangan ragu untuk menghapusnya atau bahkan mengubah kalimat menjadi sederhana dan menarik. Sekali lagi, hindari kalimat-kalimat panjang yang tidak perlu!

Review! Uji tulisan kamu dengan membacanya kembali!

Step ini sangat penting. Kamu bisa melakukannya sendiri atau bersama teman-teman. Jika kamu punya recorder, baca kembali tulisan tersebut dengan suara dan intonasi yang tepat sambil merekamnya. Kemudian dengarkan kembali. Yakinlah, pasti akan ditemukan beberapa celah-celah untuk memperbaiki tulisan tersebut.

Hal yang sama juga bisa dilakukan bersama teman, saudara, atau orang tua. Minta waktu mereka untuk mau mendengarkan dan memberikan masukan. Jangan langsung patah semangat atau ‘ngambek’ ketika menerima kritikan. Percayalah, hal itu yang betul-betul kamu butuhkan. Kritikan yang akan membuat tulisan kamu menjadi semakin sempurna!

Tunggu apa lagi? Menulis sekarang juga!

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.