Press "Enter" to skip to content

Begini Cara Daftar Program Beasiswa Bidikmisi

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Beasiswa Bidikmisi

Keterbatasan ekonomi bukan lagi penghalang untuk dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sepanjang memiliki prestasi akademik yang baik, karena pemerintah telah menyiapkan program beasiswa bidikmisi bagi lulusan SMA atau sederajat. Cara daftar Program Beasiswa Bidikmisi inipun juga tidak sulit, karena selain dapat diakses melalui situs https://ltmpt.ac.id dan https://bidikmisi.belmawaristekdikti.go.id, pihak sekolah biasanya juga akan memberikan penjelasan kepada peserta didik.

Untuk pendaftaran Program Beasiswa Bidikmisi tahun 2019 ini, diperkirakan akan dimulai pada pertengahan bulan Pebruari 2019. Tidak berbeda halnya dengan seleksi tahun yang lalu, pendaftaran Bidikmisi terbagi atas dua jalur, yakni jalur SNMPTN dan SBMPTN serta jalur PMDK-PN, UMPN dan Mandiri.

Seperti apa perbedaan dari kedua jalur tersebut dan bagaimana Cara daftar Program Beasiswa Bidikmisi untuk masing-masing jalur, berikut penjelasannya.

Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Cara daftar Program Beasiswa Bidikmisi untuk jalur SNMPTn dan SBMPTN ditujukan bagi siswa SMA atau sederajat yang lulus pada tahun 2019 atau satu tahun sebelumnya. Siswa wajib memiliki potensi akademik yang baik serta memiliki keterbatasan dari sisi ekonomi yang dibuktikan dengan dokumen sah berupa KIP (Kartu Indonesia Pintar) atau pendapatan kotor dari kedua orang tua kurang dari Rp.4 juta atau pendapatan kotor dari kedua orang tua dibagi anggota keluarga kurang dari Rp.750.000.

Penerima Bidikmisi dari jalur ini akan memperoleh fasilitas berupa: bebas biaya pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN, mendapat ganti biaya kedatangan pertama, dibebaskan dari biaya pendidikan, serta memperoleh subsidi biaya hidup Rp.700.000 perbulan.

Tata Cara Pendaftaran

  1. Pendaftaran dilakukan secara online lewat laman LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) https://ltmpt.ac.id atau laman Bidikmisi, https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id . Pendaftaran online ini dibedakan menjadi 2, yaitu siswa penerima KIP dan bukan penerima KIP. Bagi penerima KIP dapat langsung mendaftarkan diri secara online lewat kedua situs tersebut, sedang bagi siswa yang bukan penerima KIP harus memperoleh rekomendasi dari sekolah masisng-masing.
  1. Bagi sekolah yang sudah mempunyai kode akses sekolah, bisa merekomendasikan siswanya melalui laman Bidikmisi dengan menggunakan NISN dan NPSN. Sedang untuk sekolah yang masih belum mempunyai kode akses sekolah bisa mendaftarkan diri sebagai institusi pemberi rekomendasi pendaftaran ke laman Bidikmisi.
  1. Ditjen Belmawa Kementrian Riset Dikti selanjutnya akan memverikasi pendaftaran yang dilakukan sekolah serta mengeluarkan kode akses sekolah dalam waktu 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja.
  1. Pihak sekolah yang telah menerima kode akses selanjutnya memberikan kode akses dan nomor pendaftaran kepada siswa yang diberi rekomendasi.
  1. Berbekal kode akses dan nomor pendaftaran, siswa melakukan pendaftaran lewat laman Bidikmisi serta menyelesaikan seluruh tahapan pada sistem pendaftaran.

Calon mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi yang dinyatakan lolos seleksi di perguruan tinggi, selanjutnya akan diverifikasi ulang oleh perguruan tinggi untuk menetapkan layak tidaknya mahasiswa tersebut menerima Beasiswa Bidikmisi. Verifikasi ulang dilakukan berdasarkan pertimbangan dokumen pendukung.

Mahasiswa yang ditetapkan sebagai penerima Beasiswa Bidikmisi akan memperoleh berbagai fasilitas yang telah ditentukan dalam jangka waktu 8 semester untuk program sarjana. Sedang untuk program profesi maksimal 4 semester untuk profesi dokter, dokter hewan dan dokter gigi serta maksimal 2 semester untuk profesi apoteker dan perawat.

Jalur PMDK-PN, UMPN dan Mandiri

Cara daftar Program Beasiswa Bidikmisi untuk jalur PMDK-PN, UMPN dan Mandiri sebenarnya sama dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN, begitu pula dengan persyaratannya, fasilitas yang diberikan kepada mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi, serta batasan waktu masa kuliah.

Artinya, meski sistem rekrutmen penerima Beasiswa Bidikmisi dibagi menjadi dua jalur, namun secara signifikan tidak ada perbedaan antara jalur yang satu dengan yang lain, sehingga lebih kepada pengelompokan jalur untuk mempermudah proses verifikasi.

Demikian cara daftar Program Beasiswa Bidikmisi. Setelah memahami seluruh prosedur yang harus dilewati, tiba saatnya untuk action, karena tidak lama lagi pendaftaran program beasiswa bidikmisi bagi lulusan SMA atau sederajat akan dimulai. (AGK)

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.