Press "Enter" to skip to content

Ahok Gantikan Ma’ruf Amin?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Ahok Gantikan Ma’ruf Amin

Dengan mempertimbangkan usia K.H. Ma’ruf Amin yang sudah 75 tahun, banyak yang memperkirakan pendamping Joko Widodo dalam Pilpres 2019 ini tidak akan dapat menyelesaikan masa jabatannya seandainya terpilih sebagai Wakil Presiden. Perkiraan tersebut disusul dengan spekulasi munculnya nama Ahok yang memiliki peluang besar untuk menggantikan Ma’ruf Amin.

Spekulasi Ahok nantinya bakal menggantikan Ma’ruf Amin menyeruak setelah Ketua DPP PDI-P, Hendrawan Supratikno menyampaikan bahwa Basuki Tjahaya Purnama telah resmi menjadi kader PDI-P, dua hari setelah keluar dari penjara.

“Menurut info yang saya terima, Ahok sudah memiliki Kartu Tanda Anggota. Sehingga secara administratif sudah tidak ada persoalan,” kata Hendrawan yang merasa yakin bergabungnya Ahok akan memberikan dampak positif baik bagi partai maupun bagi pasangan Jokowi – Ma’ruf karena Ahok memiliki basis massa yang besar yakni Ahokers.

Pernyataan Ketua DPP PDI-P tersebut dikuatkan oleh Staf Ahok, Ima Mahdiah yang mengatakan bahwa bergabungnya Ahok ke PDI-P bukan karena ajakan, tapi atas kemauannya sendiri.

“Setelah keluar dari penjara, beliau menemui Ibu Megawati untuk meminta ijin masuk PDI-P,” terang Ima yang saat ini menjadi calon legislator PDI-P.

Bergabungnya Ahok ke PDI-P menurut Jubir Persaudaraan Alumni 212, Novel Bamukmin bukan hal yang aneh, karena sebagai warga negara Ahok memiliki hak untuk memilih dan dipilih serta menyampaikan aspirasi politik lewat partai.

“Justru cocok kalau Ahok bergabung kesana, karena akan semakin terasah karakter Ahoknya,” kata Novel yang menilai kecocokan tersebut karena PDI-P selama ini dikenal sebagai partai yang tidak pro dengan aspirasi ulama dan umat Islam.

Selain menyangkutpautkan kasus lama yang membuat mantan Gubernur DKI Jakarta ini  mendekam di penjara, masuknya Ahok ke kubu PDI-P juga dinilai sebagai rencana besar yang digagas Jokowi dan PDI-P untuk mengganti Ma’ruf Amin dengan Ahok pasca pelaksanaan Pilpres, seandainya Jokowi kembali terpilih. Spekulasi tersebut salah satunya disampaikan oleh Ketua DPP Partai Gerindra, Habiburrokhman pada 10/02/2019.

Menurut Habiburrokhman, setidaknya ada dua alasan yang membuat munculnya kemungkinan Ahok kelak bakal menggantikan Ma’ruf Amin. Alasan pertama karena kedekatan antara Jokowi dengan Ahok mengingat keduanya pernah bersama-sama memimpin Jakarta, dan alasan kedua karena parpol-parpol yang mengusung Ahok – Jarot pada Pilkada Jakarta 2017 sama dengan partai koalisi yang mengusung Jokowi – Ma’ruf.

“Chemistrynya sudah ketemu, sehingga di internal mereka saya pikir tidak akan banyak penolakan. Sepanjang parpol koalisi sepakat mengusung Ahok, tidak perlu ada fit and proper test serta pembahasan di DPR. Langsung saja ditentukan seandainya situasi mengharuskan Kiai Ma’ruf digantikan,” terang Habiburrokhman.Apa yang disampaikan Ketua DPP Partai Gerindra tersebut, dibantah oleh Politisi PDI-P, Eva Kusuma Sundari. Menurutnya isu yang mengatakan bahwa Ahok dipersiapkan untuk menggantikan Ma’ruf Amin, merupakan rumor yang sengaja dihembuskan untuk menggembosi Tim Kampanye Nasional Jokowi – Ma’ruf.

“Mana ada aturan dalam undang-undang yang mengatakan seseorang menggantikan seseorang, seolah-olah menjadi urusan personal, kan ada koalisi,” kata Eva pada 10/02/2019. Politisi PDI-P ini memberikan gambaran tentang pergantian Wakil Gubernur DKI Jakarta yang belum juga rampung setelah tujuh bulan ditinggal Sandiaga Uno disebabkan karena tidak adanya titik temu antara PKS dengan Gerindra.

“Ganti Wagub saja antar koalisi bisa berantem. Lagipula Pak Ma’ruf tidak bisa diganti sewaktu-waktu,” kata Eva sambil menegaskan bahwa tidak ada skenario maupun kesepakatan TKN dan partai koalisi pendukung petahana untuk menggantikan Ma’ruf Amin dengan Ahok. Apalagi proses untuk menggantikan presiden dan wakil presiden tidak sederhana serta harus melalui prosedur yang rumit dan harus sesuai dengan konstitusi. (AGK)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.