Press "Enter" to skip to content

Facebook Group “Sumatera Barat Tempo Dulu & Kini” Di Bajak Jadi Ajang Kampanye 01!

  • 31
  •  
  •  
  •  
    31
    Shares
Facebook Group “”Sumatera Barat Tempo Dulu & Kini” diretas dan jadi ajang kampanye pendukung kandidat 01!

Kembali, warga Minangkabau menjadi sasaran kampanye yang tidak mengenakkan. Sebuah facebook group bernamaSumatera Barat Tempo Dulu & Kini” yang telah didirikan semenjak 30 Juli 2015 menjadi korban. Group yang hingga saat berita ini ditulis memiliki penggemar lebih dari 156 ribu anggota  tiba-tiba menjadi ajang kampanye massiv kelompok pendukung petahana. Begitu massivnya hingga group yang awalnya tenang tersebut menjadi resah dan membuat para anggota marah.

Group “Sumatera Barat Tempo Dulu & Kini” tersebut awalnya didirikan untuk mengobati rasa rindu masyarakat Minangkabau baik yang berada di kampung halaman maupun di perantauan dengan postingan photo-photo di daerah Sumatera Barat dari masa ke masa.

Berdasarkan penelusuran, lini masa group ini sebelum dibajak selalu berisikan ‘ciloteh-ciloteh’ khas Minangkabau antar sesama anggota ketika misalnya mengomentari photo-photo ‘tempoe doeloe’ ataupun menjadi ajang berbalas pantun dan senda gurau.

Namun terhitung semenjak awal akhir Januari 2019, group tersebut berubah menjadi ajang kampanye yang aggresif dan tidak pada tempatnya.  Hal ini memucu kemuakan dan kemarahan anggota group. Namun sayangnya, tidak banyak yang bisa dilakukan.

Hal ini diduga karena fan page telah dibajak dan berganti admin baru. Dari tujuh admin baru  semuanya bergabung pada perioda yang hampir sama.

Brury Marselinus Ottay, admin, bergabung 21 Januari 2019
Vennic Rayenhard Nicolas, admin, bergabung 21 Januari 2019
Anton Kurniawan, admin, bergabung 31 Januari 2019
Fery Agung Haryadi, admin, bergabung 1 Februari 2019
Andrew Jonathan Tambahani, admin, bergabung 21 Januari 2019
Muslich Ganta Tambahani, admin, bergabung 21 Januari 2019
Quesfrayen Resceiven February 1, 2019

Ketujuh admin baru ini diduga besar bertanggung jawab atas hilangnya admin lama, pembersihan moderator lama serta pengangkatan moderator-moderator baru yang juga aggresif melakukan kampanye mendukung petahana.

Hingga saat ini belum diketahui motif utama peretas group yang telah lama berdiri ini,  yang jelas kejadian pembajakan ini telah membuat anggota group “Sumatera Barat Tempo Dulu & Kini” keluar dan membuat group baru.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.