Press "Enter" to skip to content

Greenpeace Indonesia Bantah Jokowi Perihal Kerusakan Lingkungan!

  • 26
  •  
  •  
  •  
    26
    Shares
Greenpeace Indonesia membantah pernyataan petahana dalam debat capres 11 Februari 2019

Debat calon presiden yang berlangsung tadi malam salah satunya menampilkan tema tentang sumber daya alam dan lingkungan hidup. Pada kesempatan tanya jawab antar kandidat tersebut, capres yang juga petahana menyatakan bahwa selama dibawah kepemimpinannya pemerintah telah memenangkan gugatan perdata kepada 11 perusahaan yang diduga telah melakukan kerusakan lingkungan dan kebakaran hutan.

Prabowo Subianto yang kebetulan tidak memiliki data detail pemerintah tidak bisa berbuat banyak dalam memberikan bantahan. Namun Greenpeace Indonesia dalam akun twitternya @GreenpeaceID memberikan sanggahannya.

Greenpeace Indonesia menyebutkan bahwa dari sebelas perusahaan yang bertanggung jawab terhadap kerusakan lingkungan yang berilai lebih dari 18 Trilyun rupiah tersebut belum ada satupun yang membayar ganti rugi kepada negara.

Salah satu dari perusahaan tersebut adalah PT. Merbau Pelalawan Lestari (MPL) yang merugikan paling besar sekitar 16.2 Triliun. Menurut laporan yang pernah diberitakan Goriau pada 11 September 2018 lalu, perusahaan ini diduga melakukan pembalakan kayu hutan secara liar dan illegal loging untuk membuka perkebunan kelapa sawit.

Kerusakan tersebut melibatkan lahan seluas lebih kurang 5.590 hektar are atau sekitar lebih dari 12 Triliun rupiah. Berdasarkan berita yang dirilis eco-business MPL diduga merupakan supplier perusahaan pabrik bubur kertas terbesar kedua di Indonesia, Asia Pacific Resources International Resouces Limited (APRIL). APRIL sendiri merupakan salah satu bisnis unit Raja Garuda Emas yang miliki Sukanto Tanoto.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.