Press "Enter" to skip to content

Lebah Raksasa Kembali Terdeteksi di Maluku Setelah 40 Tahun!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Lebak Raksasa kembali terdeteksi setelah dinyatakan punah selama 40 tahun!

Clay Bolt, seorang photographer yang pernah memenangkan penghargaan “Natural History Photographer” secara tidak sengaja mengabadikan seekor lebah raksasa di luar rumahnya di dalam sarang rayap di kepulauan Maluku Utara Indonesia.

Lebah madu terbesar di dunia ini sebenarnya hanya berukuran se-ibu jari manusia, namun ukuran ini jauh lebih besar dari jenis lebah manapun yang masih eksis hingga saat ini. Penampakan lebah raksasa ini adalah pertama kalinya setelah 40 tahun lalu, seorang peneliti bernama Adam C. Messer melaporkan melihat lebah raksasa Wallace yang hidup di alam liar pada tahun 1981.

Jenis lebah raksasa ini pertama kali tercatat oleh Alfred Russel Wallace, yang mengumpulkannya pada tahun 1858, dan ketika itu diberi nama “Lebah raksasa Wallace”, sesuai dengan penemunya. Lebah ini kemudian dinyatakan punah setelah tidak pernah terlihat lagi semenjak tahun 1981.

Lebah ini termasuk di antara 25 spesies “paling dicari yang hilang” yang menjadi fokus dari “Pencarian Spesies Hilang” Konservasi Margasatwa Dunia. Lebah raksasa Wallace berdasarkan laporan hanya ditemukan di tiga pulau di kepulauan Maluku Utara, Indonesia, yaitu Pulau Bacan, Halmahera, dan Tidore.

Tidak banyak yang diketahui tentang distribusi geografinya maupun syarat-syarat habitatnya, tetapi lebah ini dipercaya hanya hidup di hutan primer dataran rendah. Ketiga pulau ini sayangnya kini telah dipenuhi perkebunan kelapa sawit yang menggantikan habitat alami yang sebelumnya ada.

Eli Wyman, ahli entomologi dari Universitas Princeton yang menemani Bolt dalam perjalanannya mengatakan, “Saya berharap penemuan kembali ini akan memicu penelitian di masa depan yang akan memberi kita pemahaman yang lebih dalam tentang sejarah kehidupan lebah yang sangat unik ini dan menginformasikan upaya di masa depan untuk melindunginya kepunahan.”

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.