Press "Enter" to skip to content

Aturan ini yang Dilanggar Ganjar Pranowo

  •  
  •  
  •  
  •  
Ganjar Pranowo

Setelah melakukan pemeriksaan terhadap Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo selama 1,5 jam pada 15/02/2019, serta memeriksa 38 orang yang terlibat dalam deklarasi mendukung Jokowi – Ma’ruf yang digelar di Solo pada 26/01/2019, diantaranya 31 orang Kepala Daerah, pihak hotel dan 2 pelapor, Bawaslu Jawa Tengah akhirnya memutuskan bahwa Ganjar dan 35 orang Kepala Daerah tidak melanggaran aturan kampanye.

“Namun, mereka masuk kedalam pelanggaran hukum lainnya, dalam hal ini Undang-undang tentang Pemerintah Daerah,” kata Koordinator Divisi Hukum dan Antarlembaga Bawaslu Jateng, rofiuddin, pada 23/02/2019.

Lebih lanjut Rofiuddin menjelaskan bahwa aturan yang dilanggar Gubernur Jawa Tengah dan 31 Kepala Daerah adalah masalah netralitas sebagai Kepala Daerah sebagaimana telah diatur pada Pasal 1 angka (3) dan Pasal 61 Ayat (2) UU No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang telah diubah dengan UU No.9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas UU No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Nama jabatan kepala daerah tidak untuk kepentingan politik salah satu golongan atau kelompok,” tambah Rofiuddin yang menilai bahwa Ganjar dan 35 Kepala Daerah semestinya menunjukkan sikap netral di tengah-tengah masyarakat, karena jabatan Kepala Daerah adalah unsur penyelenggara pemerintahan di daerah yang seharusnya dipakai untuk kepentingan penyelenggaraan pemerintahan daerah semata.

Keputusan Bawaslu Jateng terkait pelanggaran yang dilakukan Ganjar dan 31 Kepala Daerah didasarkan pada rekaman video, dimana dalam video tersebut masih menyebut jabatan dari masing-masing Kepala Daerah yang hadir dalam deklarasi dan hal tersebut tidak sesuai dengan ketentuan UU Pemda.

“Mengutip kalimat Ganjar dalam video rekaman acara tersebut disampaikan, ‘Ya sekarang saya dengan para Kepala Daerah, Bupati/Wakil Bupati, dan Wali Kota/Wakil Wali Kota se-Jawa Tengah yang mendukung Pak Jokowi – Amin Ma’ruf, hari ini kita sepakat untuk mendukung Pak Jokowi – Amin Ma’ruf, poin intinya di situ,” papar Rofiuddin mengutip kalimat Gubernur  Jawa Tengah. (AGK)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.