Press "Enter" to skip to content

Politik Identitas, Kubu Jokowi dan Prabowo Setali Tiga Uang

  •  
  •  
  •  
  •  
Politik Identitas, Kubu Jokowi dan Prabowo Setali Tiga Uang

Desakan agar Joko Widodo dan Prabowo Subianto bersama Tim Sukses mereka tidak menggunakan politik identitas untuk mendulang suara pada Pilpres 2019 sejak awal sudah dilontarkan oleh banyak pihak, termasuk Analitik Politik dari Exposit Strategic, Arif Susanto yang menilai bahwa penggunaan politik identitas dapat membuat debat Pilpres 2019 tidak menyentuh pada substansi yang menjadi kebutuhan masyarakat.

“Politik identitas menjadi kabar buruk bagi kita semua dan tidak pada tempatnya menempatkan layer-layer identitas,” ungkap Arif yang berharap kedua capres merebut suara publik dengan beradu program.

Namun desakan dan juga harapan tersebut ternyata hanya tinggal impian, karena berdasarkan hasil riset “Penggunaan Politik Identitas dalam Pilpres 2019” yang dilakukan Pusat Kajian Politik (Puskapol) Universitas Indonesia, diperoleh hasil bahwa kedua kubu pendukung Jokowi – Ma’ruf maupun Prabowo – Sandi sama-sama menggunakan politik identitas sebagai isu utama mereka, meski kedua kubu enggan mengatakannya secara terbuka.

“Narasi tentang kampanye program relatif jarang mereka singgung. Ternyata, saat kami ngobrol dengan mereka, menurut mereka politik identitas itu sesuatu yang mudah dijual,” papar Direktur Puskapol, Aditya Perdana, di kawasan Cikini, Jakarta pada 02/03/2019.

Ironisnya, kedua kubu sama-sama tidak mau mengakui saat ada pihak-pihak yang diketahui menggunakan narasi politik identitas, sambil mengatakan kalau pihak yang menggunakan politik identitas tersebut bukan bagian dari mereka.

“Kalau kedua kubu tidak mengakui menggunakan politik identitas, lantas siapa yang memproduksinya?” kata Wakil Direktur Puskapol, Hurriyah sambil menambahkan bahwa jawaban-jawaban dari Tim Sukses seringkali dengan template yang serupa. (AGK)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.