Press "Enter" to skip to content

Rekam Jejak Caleg Dapat Dipelajari di 5 Situs Ini

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Rekam Jejak Caleg Dapat Dipelajari di 5 Situs Ini

Jelang pelaksanaan Pemilu 2019, masih banyak penduduk yang belum menentukan pilihan disebabkan karena ketidaktahuan sosok calon yang akan menyuarakan aspirasi mereka. Sementara itu, banyaknya profil yang menghiasi kertas suara dimungkinkan akan membuat pemilih semakin bingung dalam menentukaan pilihan, karena hanya kertas suara Pilpres 2019 saja yang sederhana dan mudah dimengerti karena hanya terdiri atas dua pasangan calon.

“Kami tidak ingin pemilih nantinya salah pilih. Akan membingungkan jika pemilih tidak tahu tentang siapa yang akan mereka pilih saat berada di TPS. Waktunya (untuk mengetahui profil caleg) juga tidak cukup,” papar Peneliti ICW (Indonesia Corruption Watch), Almas Sjafrina, dalam diskusi bertema “Telusuri Latar Belakang dan Kinerja Caleg Sebelum Menentukan Pilihan” yang digelar di kantor ICW pada 12/03/2019.

Bagi mereka yang tidak ingin salah pilih serta ingin tahu lebih banyak tentang profil dan rekam jejak para caleg, baik yang duduk di DPR Pusat, DPRD I, DPRD II maupun DPD, berikut 5 situs yang dapat dimanfaatkan untuk mempelajari profil dan rekam jejak dari para caleg pada Pemilu 2019.

1. RekamJejak.net

Situs yang dibangun ICW ini menghimpun dan menyediakan informasi tentang riwayat politik, bisnis serta jejak kasus dari anggota DPR RI 2014 – 2019, karena sebagian besar dari anggota DPR RI tersebut mencalonkan diri kembali pada Pemilu 2019.

Pengunjung situs akan disuguhi sejumlah informasi yang meliputi riwayat hidup caleg, LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Negara), putusan kasus korupsi serta berita-berita yang terkait dengan anggota DPR.

Selain dapat mempelajari profil dan rekam jejak caleg, pengunjung juga dapat menambahkan informasi yang relevan. Tentunya informasi tersebut akan ditampilkan di laman situs setelah melalui proses verifikasi dari ICW.

2. Pintarmemilih.id

Diluncurkan pada 19 Februari 2019 oleh Perludem (Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi), pintarmemilih.id menyuguhkan data dan informasi Pemilu 2019, mulai dari profil calon presiden dan wakil presiden, data daerah pemilihan, profil caleg DPR RI, profil caleg DPD, profil caleg DPRD Provinsi dan profil caleg DPRD Kabupaten/Kota.

Selain itu juga disajikan jadwal dan tahapan Pemilu 2019 dan cara memilih, serta memberikan ruang kepada pengunjung situs untuk melaporkan akun atau konten yang menyebarkan hoaks dan ujaran kebencian. Laporan tersebut nantinya akan diteruskan ke layanan pengaduan Banwaslu (Badan Pengawas Pemilu).

3. IklanCaapres.id

Dibangun oleh Yayasan Satu Dunia pada tahun 2018, situs ini menyajikan hasil pemantauan di media sosial terkait kampanye kedua tim paslon nomor 01 dan 02 pada Pilpres 2019 yang dilakukan Yayasan Satu Dunia, utamanya yang berhubungan dengan isyu masyarakat sipil.

Dalam situs ini juga dapat dilihat data belanja iklan televisi dan koran dari kedua kubu yang dilakukan di 3 kota, yaitu DKI Jakarta, Banjarmasin dan Makassar. Dengan konten yang disajikan, situs ini bertujuan agar publik dapat ikut memantau dan menganalisa konten yang diluncurkan kedua paslon dan tim suksesnya di media sosial serta mengetahui perilaku beriklan dari paslon Pilpres 2019.

4. JariUngu.com

Awalnya portal ini diluncurkan sebagai media komunikasi antara konstituen dengan anggota legislatif terpilih. Namun dalam perkembangannya Jariungu.com memperluas materi konten yang disajikan sehingga menjadi salah satu situs rujukan bagi pemilih yang ingin mengetahui profil dan rekam jejak caleg pada Pemilu 2014 dan 2019. Tercatat sebanyak 240.000 profil caleg yang dapat dibaca di situs ini.

5. WikiDPR.org

Situs ini dibangun pada tahun 2014 oleh mereka yang ingin merespon kinerja dari anggota DPR. Lewat WikiDPR.org masyarakat dapat mengetahui sekaligus mencermati kinerja anggota DPR saat menjabat yang kemudian mencalonkan diri lagi pada Pemilu 2019, termasuk melihat keaktifan dan kontribusi dari para anggota dewan saat berada dalam ruang sidang.

Untuk mengumpulkan informasi yang dipublikasikan lewat situs ini, relawan Wiki DPR melakukan sejumlah reportase di lapangan serta mengikuti sidang-sidang pembahasan Undang-Undang serta berbagai kebijakan DPR yang kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan. (AGK)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.