Press "Enter" to skip to content

Sempat Down, Facebook Kembali Normal!

  • 24
  •  
  •  
  •  
    24
    Shares

Facebook mendapatkan serangan DDoS?
Jangan panik, tetap tenang! Anda tetap masih akan dapat berselancar di dunia maya dan mendapatkan derasnya aliran informasi non-mainstream. Raksasa media sosial Facebook telah kembali beroperasi dengan lancar setelah mengalami gangguan di seluruh penjuru dunia.

Gangguan yang dialami mungkin saja berakibat langsung kepada orang-orang yang menggunakan media sosial untuk saling berinteraksi, berbagi cerita, menjalankan bisnis atau bahkan hanya untuk mengucapkan kata-kata mesra sebelum tidur.

Namun tidak perlu lama-lama untuk berangan-angan negatif. Facebook telah mengeluarkan pernyataannya bahwa mereka saat ini telah melakukan segala upaya mencari solusi jangka panjang atas gangguan tersebut.

Menurut situs pendeteksi gangguan jaringan DownDetector, gangguan tersebut dimulai sekitar pukul 16:00 (GMT) yang mencakup area hampir diseluruh muka bumi. Tercatat beberapa keluhan dari Amerika Serikat, Brasil, Kolombia, beberapa negara di Eropa, bahkan termasuk di Indonesia turut merasakan dampaknya.

Facebook menyatakan bahwa gangguan tersebut bukan berasal dari serangan siber yang dikenal dengan nama denial-of-service (DDoS) attack. Setelah mengalami gangguan selama hampir 14 jam, situs media sosial ini kembali beroperasi secara terbatas. Beberapa fitur masih belum bisa beroperasi sempurna. Ini bukanlah kali pertama Facebook mendapatkan gangguan. Bulan November tahun lalu, tercatat sebuah serangan berhasil mengancam keamanan data pribadi pengguna.

Sementara di Indonesia beredar spekulasi bahwa gangguan di media sosial merupakan bagian dari konspirasi pemilihan umum yang akan berlangsung sebulan lagi. Namun demikian Facebook masih belum merilis penyebab gangguan tersebut. Gangguan yang sama juga dialami oleh Instagram, media sosial yang juga dimiliki oleh Mark Zuckerberg.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.