Press "Enter" to skip to content

Inilah Cara Belajar Matematika yang Benar

  •  
  •  
  •  
  •  
Inilah Cara Belajar Matematika yang Benar

Cara belajar seseorang bisa jadi berbeda dengan yang lain. Karena itu tidak ada model belajar yang lebih unggul atau lebih baik dibandingkan dengan model belajar yang lain, sebab  keberhasilan dalam belajar tergantung pada potensi masing-masing. Hanya saja, setiap orang memang memiliki kecenderungan pada cara atau model belajar tertentu, entah itu kinestetik, auditorial atau visual.

Pada tulisan ini, ada beberapa tips yang dapat diikuti agar memperoleh hasil yang maksimal dalam belajar matematika. Tips tersebut mungkin sebagian ada yang cocok, namun tidak menutup kemungkinan ada yang kurang cocok. Jika ada yang kurang cocok, bukan merupakan persoalan, karena yang terpenting adalah mengetahui potensi serta model belajar yang cocok agar memperoleh hasil belajar yang maksimal.

Belajar Matematika Berbeda dengan Nonton Konser

Belajar matematika tidak cukup hanya dengan memasuki kelas, memperhatikan guru saat menerangkan, kemudian mengerjakan soal. Jika ingin berhasil, butuh lebih dari itu. Keterlibatan secara aktif dalam proses pembelajaran sangat diperlukan, sehingga selain mengikuti proses belajar-mengajar di dalam kelas, juga harus menyusun catatan materi pelajaran secara baik dan rapi, mengerjakan pekerjaan rumah meski tidak diperintah oleh guru, belajar sendiri secara teratur dan terjadwal dan tidak hanya belajar pada saat akan menghadapi tes.

Pahami Prinsip Dasar

Matematika bukan pelajaran hapalan meski pada beberapa bagian seperti memahami rumus butuh aktifitas menghapal. Karena itu, agar dapat berhasil, tidak cukup hanya dengan menghapal rumus tapi juga harus disertai dengan penguasaan konsep matematika, seperti proses ditemukannya rumus (penurunannya), batasan-batasan yang harus dipenuhi dalam penggunaan rumus agar dapat digunakan secara tepat, serta yang lain.

Jika prinsip-prinsip dan sistem kerja dari rumus tidak dipahami, besar kemungkinan penggunaan rumus justru terasa lebih sulit, karena beberapa rumus bersifat umum yang butuh identifikasi dan analisa apabila ingin menggunakannya untuk menyelesaikan sebuah persoalan. Tanpa memahami prinsip dan sistem kerja dari rumus, tidak menutup kemungkinan jawaban yang didapat justru keliru pada saat menggunakan rumus.

Matematika adalah Ilmu Terstruktur

Ingat bahwa matematika adalah ilmu bertingkat atau ilmu terstruktur, artinya hampir semua materi matematika saling terkait antara satu dengan yang lain. Sehingga untuk dapat memahami konsep materi yang lebih tinggi butuh pemahaman terhadap konsep yang ada di bawahnya. Itu sebabnya penguasaan terhadap materi dasar mutlak diperlukan sebelum mempelajari materi berikutnya. Jika materi dasar tidak dikuasai, jangan berharap akan berhasil saat mempelajari materi pada jenjang yang lebih tinggi. (AGK)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.