Press "Enter" to skip to content

Sejumlah Fakta Terkait Temuan Surat Suara Tercoblos di Selangor Malaysia

  • 10
  •  
  •  
  •  
  •  
    10
    Shares
Temuan Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Enam hari jelang Pemilu 2019, tepatnya pada 11/04/2019, masyarakat Indonesia dihebohkan oleh berita dari Selangor, Malaysia tentang penemuan ribuan surat suara yang sudah tercoblos. Kabar mengejutkan yang disertai dengan gambar video tersebut, hingga Jumat, 12/04/2019 telah diunggah oleh banyak akun facebook dan tersebar hingga ribuan kali.

Lantas bagaimana fakta sebenarnya dari temuan surat suara yang sudah tercoblos di Selangor, Malaysia tersebut?

Narasi yang Berkembang

Sebagaimana unggahan di sejumlah akun facebook, dalam tayangan video terlihat seorang laki-laki yang mengenakan baju putih mengatakan bahwa telah ditemukan berkarung-karung surat suara yang tercoblos oleh kelompok relawan. Pada bagian bawah video tertulis, lokasi kejadian di JL. Seksyen 2/11, Taman Kajang Utama, Kajang, Selangor, Malaysia.

Laki-laki tersebut menunjukkan sejumlah surat suara yang tercoblos, seperti Surat Suara untuk Pilpres yang dicoblos pada pasangan capres nomor urut 01 dan Surat Suara untuk Pemilihan Anggota DPR RI yang tercoblos untuk caleg dari Partai Nasdem atas nama Davin Kirana dan Achmad.

Dalam tayangan video diperlihatkan lantai ruangan yang dipenuhi kertas-kertas putih berserakan dan disebutkan bahwa surat suara yang sudah tercoblos ditemukan di dua lokasi yang berbeda.

ALLAHU AKBAR!! Hasbunallahu wa ni’mal wakiil…KEMBALI Ditemukan Lokasi Gudang ke-2, dimana ribuan surat suara di Malaysia sudah dicoblos Capres 01 & Caleg Pesanan!!Penjahat & OKNUM yang ingin mengalahkan Prabowo Subianto & Sandiaga Salahuddin Uno dengan cara LICIK & KOTOR!Mau Curang? Allah Mboten Sare. Allah yang menunjukkan jalan untuk membongkar permainan kotor ini!Penggerebekan dilakukan oleh tim Relawan 02 di Malaysia (Kamis, 11/4/2019).Lokasi : 25, Jalan Seksyen 2/11, Taman Kajang Utama, 43000 Kajang, Selangor, Malaysia.

Gepostet von Ika Wulandari am Donnerstag, 11. April 2019

*BREAKING NEWS*Puluhan Ribu kertas suara yang sudah tercoblos calon presiden no 01, anggota legislatif partai Nasdem no 2 David Kirana dan No Urut 3 Ahmad hari ini ditemukan didalam sebuah ruko di kajang.dalam pengakuannya tenaga yang dibayar mengaku menerima upah 50 sen ringgit malaysia, satu orang bisa mendapatkan upah per hari antara 200 hingga 600 ringgit, berarti satu orang tenaga mencoblos 50 hingga 300 kertas suara.dalam satu ruangan mereka berjumlah 5 hingga 10 tenaga pencoblos kertas suara.hingga berita ini diturunkan warga masyarakat masih melanjutkan penggerebekannya di dampingi Panitia Pengawas Pemilu Malaysia.

Gepostet von Arinta P Lenggono am Donnerstag, 11. April 2019

Kronologi Penemuan Surat Suara Tercoblos Menurut Ketua Panwaslu Kuala Lumpur

Menurut penjelasan dari Ketua Panwaslu Kuala Lumpur, Yaza Azzahra, penemuan Surat Suara tercoblos berawal dari pesan Whatsapp yang dikirim Parlaungan,seorang relawan Sekber Satgas BPN Prabowo – Sandi pada 11/04/2019, pukul 12.48. Begitu mendapat laporan, Yaza bersama Riszki Israeni Nur, anggota Panwaslu, langsung bergerak dan tiba di lokasi pada pukul 13.00.

Di lokasi yang berada di sebuah toko di kawasan Taman Universiti Sungai Tangkas Bangi 43000 Kajang, Selangor, Yaza mendapati Surat Suara yang berada di dalam 20 buah tas, 19 kantong plastik hitam dan 5 karung goni putih bertuliskan Pos Malaysia. Jumlah surat suara yang ada di lokasi tersebut diperkirakan sebanyak 10.000 – 20.000 lembar. Apabila dijumlah dengan Surat Suara yang ditemukan di tempat kedua, total berjumlah 40.000 – 50.000 lembar.

Tanggapan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu)

Beredarnya video tentang ditemukannya Surat Suara yang sudah tercoblos di Malaysia, dibenarkan oleh anggota Bawaslu, Rahmat Bagja. Namun demikian Bawaslu belum bisa memastikan tentang jumlah surat suara yang sudah dicoblos juga tentang asli tidaknya Surat Suara sebagaimana yang ada dalam tayangan video.

“Kan harus diteliti terlebih dahulu, Surat Suaranya asli atau tidak, apakah Surat Suara itu dari KPU atau bukan, dimana kejadiannya? Kan ada beberapa video, ada yang sedang nyoblos, itu dari pengawas yang sama atau tidak,” terang Bagja.  Dengan adanya temuan tersebut, Bawaslu meminta kepada KPU agar pelaksanaan pemungutan suara di Malaysia dihentikan untuk sementara waktu.

Tanggapan KPU (Komisi Pemilihan Umum)

Komisioner KPU, Ilham Saputra, mengatakan bahwa KPU saat ini tengah melakukan konfirmasi ke Pokja PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri) terkait temuan Surat Suara tercoblos yang terekam video.

“Kami tengah mengkonfirmasi apa yang sedang terjadi dan meminta kepada pihak PPLN agar mengecek terlebih dahulu. Jadi, tunggu konfirmasi dari KPU,” ujar Ilham. Apabila nanti terbukti adanya tindak pelanggaran peraturan perundang-undangan, KPU dengan tegas akan mengambil tindakan berupa pemecatan dan diserahkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu.

Untuk itu Ilham meminta agar masyarakat menunggu hasil penelusuran yang dilakukan KPU dan Bawaslu serta tidak gegabah dalam mengambil kesimpulan. (AGK)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.