Press "Enter" to skip to content

Tiga Titik Fokus Investigasi Pansus Pemilu 2019 Versi PKS

  •  
  •  
  •  
  •  
Mardani Ali Sera

Tiga fraksi oposisi, yaitu PKS, Gerindra dan PAN telah menyetujui usulan pembentukan  Pansus (Panitia Khusus) penyelenggaraan Pemilu 2019, setelah pada rapat Paripurna ke-16 pembukaan Masa Persidangan V DPR pada 08/05/2019 PKS menggulirkan usulan pembentukan Pansus tersebut.

Jika pembentukan Pansus tersebut nantinya disetujui pada rapat Badan Musyawarah dan Rapat Paripurna, menurut Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, ada 3 titik fokus investigasi yang akan dilakukan oleh Pansus.

Pertama, terkait banyaknya petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) yang meninggal dunia sepanjang proses rekapitulasi suara yang hingga kini sudah tercatat 574 korban yang meninggal dunia dan 4.602 yang menderita sakit.

Titik fokus yang kedua adalah melakukan investigasi terhadap penyebab tragedi kemanusiaan tersebut mengingat jumlah korban yang tidak sedikit. “Ini bukan untuk mencari siapa yang bersalah, melainkan bagaimana letak kesalahan tersebut. Nyawa itu bukan perkara jumlah. Itu sebabnya harus ada keseriusan dalam menyikapi tragedi demokrasi yang terjadi sekarang. Pansus akan berusaha mencari secara detail, dimana letak kesalahannya sehingga sampai terjadi tragedi ini,” papar Mardani pada 10/05/2019 di Media Centre Prabowo – Sandi.

Sedang untuk titik fokus yang ketiga menurut Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini adalah menyelidiki berbagai laporan yang terkait dengan dugaan kecurangan selama pelaksanaan Pemilu yang terjadi secara struktur, sistematis dan masif.

“Kecurangan tersebut terjadi sedemikian masif. Banyak kecurangan yang ditemukan, dan hal tersebut menjadi dasar digulirkannya Pansus oleh PKS, Gerindra dan PAN,” kata Mardani.

Meski pembentukan Pansus dipandang perlu, politisi PKS ini berpendapat bahwa Pansus Pemilu seyogyanya dibentuk seusai tahap penghitungan suara, agar tidak mengganggu proses yang saat ini sedang berjalan.

“Tidak bisa terburu-buru, karena jika Pansus dilakukan sekarang maka jadwal penetapan bisa terganggu. Tapi kalau teman-teman punya temuan yang mendesak, ya itu haknya juga,” papar Mardani Ali Sera. (AGK)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.