Press "Enter" to skip to content

JK: Hasil Pemilu Agak Aneh, Perlu Adanya Kajian

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Jusuf Kalla

Sebuah narasi menarik dilontarkan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) saat memberikan sambutan dalam acara Buka Puasa Bersama Majelis Pengurus Pusat ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia) yang berlangsung di Istana Wakil Presiden, Jakarta pada 21/05/2019.

JK menilai, sepanjang sejarah Pemilu di Indonesia, pelaksanaan Pemilu 2019 adalah pesta demokrasi yang arah dukungannya paling tidak jelas. Hal tersebut merujuk dari munculnya beberapa kelompok yang menggunakan simbol-simbol Islam dan menamakan diri organisasi ulama dan Islam namun melakukan unjuk rasa dengan menolak hasil Pilpres 2019 yang diumumkan KPU. Sementara kubu yang ditolak terdapat nama Kyai Ma’ruf Amin yang nota bene adalah Ketua MUI.

“Inilah Pemilu yang paling tidak jelas, di sini (kubu capres 02) menganggapnya umat, tapi di sini (kubu capres 01) ada Ketua MUI. Jadi yang mana? Tidak jelas apa yang terjadi, melawan apa, siapa tokohnya, siapa yang pimpin, entah siapa, semua tidak jelas. Tidak ada yang bisa dijawab, apa maunya,” kata JK dalam sambutannya.

Selain itu, tambah JK, pelaksanaan Pemilu 2019 semakin menampakkan perbedaan serta anggapan dari masyarakat terkait kelompok Islam dan kelompok non-Islam.

“Sebagai intelektual, suasana pada hari ini memaksa kita untuk berpikir, apa yang sebenarnya terjadi di negeri kita ini? Sehingga suasananya seolah-olah terjadi polarisasi Islam dan bukan Islam. Seperti banyak hasil-hasil Pemilu juga agak aneh-aneh, begitu kan hasilnya didaerah-daerah?” kata JK.

Untuk itu Wakil Presiden mendorong agar dilakukan kajian lebih lanjut terkait fenomena yang terjadi pada Pemilu 2019 agar masalah yang muncul tidak terulang pada Pemilu-Pemilu berikutnya.

“Ini perlu dikaji, apa yang sebenarnya terjadi, sehingga (tahu) apa yang harus kita perbaiki, karena kalau tidak kita kaji, masalah-masalah begini nantinya akan bisa terulang,” papar Jusuf Kalla. (AGK)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.