Press "Enter" to skip to content

Mombasa Port Kenya, Jatuh Ke Tangan China?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Mombasa Port bakal diambil alih China?

Berita yang mengkhawatirkan ini dilaporkan berasal Delhi, India mengatakan, ‘Kenya bisa kehilangan Pelabuhan Mombasa-nya ke China di sepanjang jalur Pelabuhan Hambantotadi Sri Lanka dan bandara internasional di Zambia.

Kenya telah memperoleh pinjaman US$ 2,2 miliar untuk pembangunan jalur kereta api dari Mombasa ke Nairobi dan tahun ini gagal membayar kembali pinjaman, oleh karena itu China berpeluang untuk mengambil alih pelabuhan Mombasa. Juga dilaporkan bahwa Zambia telah menyerahkan bandara nasionalnya ke China karena gagal membayar kembali pinjaman.

Baca juga: China Siap Ambil Alih Aset Nasional Kenya Jika Gagal Bayar Utang!

Apa sebenarnya yang bisa diambil dari kejadian ini? Satu yang utama adalah, kurangnya investigasi awal. Laporan kelayakan oleh para profesional untuk kelayakannya dan kemudian mencari dana asing, menyerukan tender di seluruh dunia untuk mendapatkan penawaran terbaik baik secara finansial dan kualitas.

Lembaga pemberi pinjaman internasional, seperti Asian Development Bank [ADB], Bank Dunia [WB] dan Jepang [JAICA] saat didekati untuk pinjaman, mereka melakukan laporan kelayakan sendiri, bersama dengan para profesional pejabat pemerintah dan menempatkan persyaratan tertentu untuk membuat proyek layak. Hal ini sepertinya tidak dilakukan ketika melakukan pinjaman dengan China.

Sayangnya, terlalu banyak politisi yang bermain tanpa berkonsultasi dengan para profesional. Mereka dibanyak bahkan telah menjadi politisi “YES Man!” tanpa menyadari ada motif-motif lain dari perjanjian hutang yang dibuat dengan China.

Pelabuhan Hambantota, Bandara Weerawila, Stadion Kriket Thanamalwila dan proyek bencana Uma Oya adalah beberapa dari proyek Quixotic yang dilakukan. Karena itu, tidak heran negara yang dililit hutang dan menghadapi krisis keuangan harus menjual atau menyewakan aset nasionalnya untuk mengatasi krisis tersebut.

Sumber: msn.com

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.