Press "Enter" to skip to content

Ilmuwan Jepang Temukan Dinosaurus Herbivora Baru!

  •  
  •  
  •  
  •  
Kamuysaurus Japonicus, dinosaurus herbivora buas jenis baru diduga hidup di daerah pantai Jepang

Ilmuan Jepang berhasil mengidentifikasi sebuah jenis baru dinosaurus dari kerangka yang merupakan terbesar yang pernah ditemukan di negeri sakura itu.

Kerangka tersebut berukuran delapan meter dan memiliki struktur yang hampir lengkap. Berdasarkan hasil analisa ratusan tulang yang berusia sekitar 72 juta tahun lalu itu, dapat disimpulkan bahwa dinosaurus tersebut merupakan jenis baru Hadrosauria.

Menurut Professor Yoshitsugu Kobayashi, pimpinan tim dari Universitas Hokkaido , Jenis ini termasuk binatang buas herbivora yang pernah bermukim di bumi pada akhir periode Cretaceous.


Kerangka dinosaurus ini pertama kali ditemukan di Jepang utara pada tahun 2013. Awalnya hanya ditemukan bagian ekor, namun setelah dilakukan penggalian menyeluruh seluruh kerangka berhasil terungkap. Tim peneliti kemudian menamakan dinosaurus itu sebagai “Kamuysaurus japonicus,” yang berarti “dewa naga Jepang,”. Mereka meyakini bahwa dinosaurus tersebut berumur sekitar 9 tahun dan memiliki berat sekitar 4 hingga 5.3 ton.

Hasil penelitian Kamuysaurus Japonicus ini kemudian diterbitkan dalam jurnal Inggris “Scientific Reports”. Ini menjadi fakta bahwa di Jepang pernah ada dunia dinosaurus yang independent, umumnya di kawasan Asia Timur.

Kamuysaurus Japonicus diduga hidup di daerah pantai, habitat langka bagi dinosaurus pada waktu itu dan fosil-fosil itu juga memberikan wawasan berharga tentang lingkungan mereka. Penelitian ini meningkatkan kemungkinan bahwa beberapa spesies dinosaurus “lebih suka mendiami daerah dekat laut, menunjukkan lingkungan garis pantai adalah faktor penting dalam diversifikasi” dinosaurus dalam evolusi awal mereka, demikian pendapat tim ilmuan Jepang.

Sumber: financialexpress.com

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.