Press "Enter" to skip to content

Aparat Tangkap Salah Satu Pimpinan Pro Demokrasi!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Joshua Wong ketika ditangkap

Aktivis pro-demokrasi Joshua Wong Chi-fung ditangkap di Bandara Internasional Hong Kong pada Minggu pagi, 8 September ketika ia berangkat

ke Jerman dan Amerika Serikat untuk memberikan pidato dan wawancara.

Pihak berwenang menganggap Joshua telah melanggar syarat bebas-jaminnya pasca penangkapan sebelumnya. Staf departement kepolisian mendapatkan informasi bahwa Joshua berniat untuk pergi ke luar negeri.

Polisi mengatakan staf departemen yang relevan memberi tahu mereka tentang niat Wong untuk pergi ke luar negeri.


“Saya percaya keadaan memalukan yang saya hadapi sekarang adalah konsekuensi langsung dari pergerakan politik saya yang berujung penangkapan,” kata Joshua WOng dalam sebuah pernyataan yang dirilis pengacaranya.

Selanjutnya Wong mengatakan bahwa hukum awal menyarankan pengadilan mengakui dan menyetujui perjalanannya ke Jerman dan AS ketika itu memberikan jaminan kepadanya.

“Karena itu, diyakini ada beberapa kesalahan pada sertifikat jaminan,”

Wong mengatakan dia berharap akan dibebaskan setelah sidang hari Senin.

Pernyataan itu juga mengatakan: “Saya juga [tidak senang] atas keputusan polisi untuk menahan saya dalam semalam, meskipun ada masalah prosedur yang jelas, yang sama sekali tidak masuk akal.”

Wong telah melakukan perjalanan ke Taiwan pada 3 September 2019 untuk berbicara tentang Hong Kong dan meminta bantuan orang Taiwan.

Joshua Wong sebelumnya pernah ditangkap pada 30 Agustus, tetapi dibebaskan dengan jaminan di kemudian hari.

Baca juga: Carrie Lam Bersikeras Abaikan Tuntutan Masyarakat Hongkong!

Dia ditahan secara singkat oleh polisi atas tiga tuduhan pengorganisasian, menghasut dan mengambil bagian dalam pertemuan ilegal selama pengepungan markas polisi di Wan Chai pada 21 Juni. Selama pengepungan 21 Juni, ribuan demonstran memblokade pintu masuk dan melempari gedung dengan telur.

Ketika pengunjuk rasa membuat tuntutan mereka berupa pembatalan RUU ekstradisi dan pembebasan dari mereka yang ditangkap dalam bentrokan sebelumnya.

Beberapa bulan kemudian setelah melalui tekanan dari para pengunjuk rasa pro demokrasi, Pemerintah Hong Kong mengumumkan menarik RUU kontroversial tersebut pada 4 September lalu.

Wong bergabung dengan warga Hongkong untuk memprotes pemerintah begitu dia dibebaskan dari penjara pada 17 Juni.

Sumber: mothership.sg

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.