Press "Enter" to skip to content

Taiwan Peringatkan Kepulauan Solomon Bahaya Jeratan Utang China!

  •  
  •  
  •  
  •  
Kepulauan Solomon memiliki resiko tinggi terperangkap jebakan utang China

Taiwan memperingatkan Kepulauan Solomon resiko tinggi negara tersebut jatuh kedalam jearatan utang jika mengalihkan hubungan diplomatik ke
China daratan untuk mendapatkan pinjaman bantuan infrastruktur.

“Ekspansi China di Pasifik telah membuat banyak negara jatuh ke dalam perangkap utang,” Joanne Ou, juru bicara kementerian luar negeri Taiwan, mengatakan kepada kantor berita Reuters, Jumat lalu.

“Infrastruktur membabi buta yang dijanjikan China telah menyebabkan kerusakan serius pada ekosistem lokal dan melanggar kedaulatan mereka,” katanya.

Baca juga: Negara-Negara Pasifik Selatan Tersadar Resiko ‘Debt-Trap’ Diplomacy!

Beijing menawarkan untuk membiayai dana pembangunan untuk mengganti dana tahunan sebesar 8,5 juta USD yang saat ini didukung oleh Taiwan, kata anggota parlemen Peter Shanel Agovaka.

Peralihan itu, meski masih belum diresmikan, akan menjadi hadiah bagi Cina dalam kampanyenya menggoda sekutu menjauh dari Taiwan, yang dianggap Beijing hanya sebagai provinsi bagian dari China sehingga tidak memiliki hak untuk hubungan negara-ke-negara.

Hal ini akan memberikan pukulan baru bagi Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, yang mengupayakan pemilihan ulang pada Januari depan di tengah kritik atas penanganannya terhadap Beijing, ketika ketegangan meningkat di selat Taiwan. Tsai telah kehilangan lima sekutu diplomatik ke Beijing sejak ia mulai menjabat pada tahun 2016.

China dan Taiwan telah saling bertarung untuk mendapatkan pengakuan diplomatik di Pasifik Selatan selama beberapa dekade, dengan beberapa negara pulau beralih kesetiaan demi keuntungan finansial dan sebagai imbalannya diberi dukungan di forum internasional seperti PBB.

Sumber: www.aljazeera.com

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.