Press "Enter" to skip to content

Cina Desak Selandia Baru Patuhi Prinsip Satu Cina!

  •  
  •  
  •  
  •  
Cina berang Selandia Baru dukung Taiwan bergabung ke WHO

China desak Selandia Baru untuk sepenuhnya mematuhi prinsip satu-China, dan segera menghentikan komentar yang salah terkait pulau Taiwan,

agar tidak merusak hubungan China-Selandia Baru, menurut Kementerian Luar Negeri Cina pada hari Senin.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Cina Zhao Lijian membuat pernyataan itu dalam konferensi pers rutin pada hari Senin, mengomentari laporan bahwa Wakil Perdana Menteri Selandia Baru dan Menteri Luar Negeri Winston Peters mengatakan bahwa negara itu secara resmi mendukung kasus Taiwan untuk bergabung dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pengamat.

Komentar yang dibuat oleh Selandia Baru telah sangat melanggar prinsip satu-China, dan Cina telah mengekspresikan perlawanan yang kuat dan mengirimkan perwakilan ke Selandia Baru, kata Zhao.


Penanganan partisipasi Taiwan dalam kegiatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), harus mengikuti prinsip Satu-Cina.

Pemerintah Pusat Cina telah membuat pengaturan sedemikian rupa untuk partisipasi kawasan itu dalam urusan kesehatan global, danmemastikan bahwa Taiwan mampu menanggapi acara kesehatan masyarakat baik di pulau itu maupun secara global, dengan cara yang tepat waktu dan efektif, kata Zhao.

“Pihak pemerintahan Taiwan” sedang mencari separatisme menggunakan isu pandemik, yang merupakan murni manuver politik, kata Zhao, mengomentari hype-up Taiwan baru-baru ini tentang partisipasinya dalam kegiatan WHO dan bergabung kembali dengan WHA.

Zhao menekankan bahwa prinsip satu-Cina adalah landasan politik hubungan Cina-Selandia Baru, dan jaminan dasar bagi perkembangan cepat hubungan bilateral sejak terjalinnya hubungan diplomatik antara kedua negara.

Peters juga dilaporkan telah mendapatkan “janji” dari pejabat tinggi Cina bahwa Selandia Baru tidak akan menemui hambatan.

Zhao berkata bahwa dia tidak tahu bagaimana Peters menghasilkan ilusi semacam itu.


Tidak seorang pun boleh memiliki ilusi tentang hal-hal yang terkait dengan kepentingan inti Cina. Diharapkan bahwa personel yang terlibat dari Selandia Baru berhenti menyebarkan desas-desus dan menciptakan kekacauan, dan melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk rasa saling percaya dan kerja sama antara kedua negara, bukan sebaliknya.

Sumber: globaltimes.cn

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.