Press "Enter" to skip to content

Perhatikan Syarat Ini Jika Ingin Ausbildung di Jerman! (1)

  •  
  •  
  •  
  •  
Daftar program Aubildung di Jerman, mungkinkah?

Ausbildung di Jerman? Kenapa tidak? “Ausbildung” merupakan suatu bentuk pelatihan kejuruan atau magang yang mengharuskan pelajar

ausbildung atau azubi menghadiri pertemuan tatap muka di sekolah dan melakukan kerja praktik di perusahaan secara bersamaan.

Pertemuan tatap muka di sekolah diwajibkan untuk mendapatkan pengetahuan teori sedangkan magang di perusahaan lebih kepada praktik pelaksanaan teori tersebut. Namun ada juga terkadang terdapat beberapa teori praktis yang didapatkan saat magang.

Saat anda melakukan “Ausbildung”, anda akan mendapatkan bayaran sesuai dengan standard UMR yang berlaku di masing-masing negara bagian di Jerman. Besarnya akan meningkat tiap tahun.


Sebagai contoh untuk daerah Bayern semenjak 2018, azubi yang bekerja pada perusahaan yang terikat pada syarikat buruh “IG-Metall und Elektroindustrie“, pada tahun pertama akan mendapatkan 1037 EUR. Pada tahun kedua dan ketiga akan mendapatkan 1102 EUR dan 1199 EUR.

Besaran gaji ini akan berbeda untuk perusahaan yang bergerak di bidang lain, misalnya industri perkayuan dan plastik. Sebagai perbandingan, semenjak 2018 untuk daerah Bayern, azubi yang bekerja pada perusahaan yang terikat dengan “IG-Holz und Kunstoff Industrie” akan mendapatkan 820 EUR pada tahun pertama. Pada tahun kedua hingga tahun keempat azubi akan mendapatkan gaji 956 EUR, 997 EUR, dan 1046 EUR.

Baca juga: Tarif Gaji di Jerman Tahun 2018 Naik!

Azubi juga berhak mendapatkan hari libur sebagaimana pekerja biasa. Berdsasarkan hukum perlindungan pekerja dibawah umur (Jugenarbeitschutzgesetzt/JArbSchG) paragraf §19, azubi yang berumur dibawah 16 tahun mendapatkan jatah libur setidak-tidaknya 30 hari kerja pertahun. Jatah ini akan berkurang hingga umur 18 tahun, dimana azubi akan mendapatkan jatah libur setidak-tidaknya 25 tari kerja/tahun.

Daftar Gaji Azubi Berdasarkan Keluaran Syerikat Pekerja Jerman 2018

Bagaimana dengan Tunjangan Hari Raya (THR)? Seperti di Indonesia, ada istilah THR. Di Jerman ada istilah Weihnachsgeld. Semua pekerja akan mendapatkan gaji ketiga belas. Sayangnya, perusahaan berdasarkan aturan yang berlaku tidak diwajibkan untuk memberikan gaji ketiga belas ini untuk para azubi.

Apakah orang asing, khususnya orang Indonesia memiliki peluang untuk melamar program Ausbildung di Jerman? Jawabannya ya. Namun prosesnya butuh keteguhan, kesabaran, dan upaya yang tak kenal menyerah, setelah itu tinggal berserah diri sama Yang Maha Kuasa.

Persyaratan dan dokument apa saja yang dibutuhkan untuk melamar program Azubi hampir sama dengan melamar program studi di Jerman. Umumnya penguasaan bahasa Jerman adalah syarat mutlak. Bagi kalian yang sudah memiliki sertifikat bahasa Jerman B1 adalah suatu keuntungan, apalagi kalau bisa ditingkatkan menjadi B2. Detail tentang persyaratan ini akan dibahas dituliskan pada bagian kedua artikel ini. (bersambung)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DaimcaNews © 2018-2019.